Tautan-tautan Akses

Pasukan AS dan Irak di Fallujah Temukan Markas Al-Zarqawi - 2004-11-19


Panglima tertinggi pasukan marinir Amerika di Irak mengatakan ofensif gabungan Amerika dan Irak di Fallujah telah mematahkan yang ia sebut “tulang punggung pemberontak” di Irak dengan menyingkirkan tempat berlindung mereka. Letnan Jenderal John Sattler hari ini mengatakan, operasi 11-hari itu telah menghalau pemberontak dari persembunyian mereka, sehingga sukar bagi mereka untuk beroperasi. Katanya, Fallujah masih belum benar-benar aman, dan meski bantuan kemanusiaan telah mulai masuk ke kota itu, masih terlalu dini bagi penduduk untuk pulang. Pasukan kini berada di seantero wilayah Fallujah, memeriksa dari gedung ke gedung mencari senjata dan bahan peledak. Jenderal Sattler mengatakan seorang marinir dan seorang anggota pasukan Irak tewas tertembak hari ini sewaktu melakukan operasi pembersihan itu. Dengan demikian sudah 51 anggota pasukan Amerika yang tewas bersama 8 tentara Irak sejak ofensif dimulai. Sementara itu orang-orang bersenjata melancarkan serangan bom di Bagdad dan Kirkuk menewaskan empat orang. Dan di Mosul empat anggota garda nasional luka-luka dalam serangan mortir ke kantor gubernur.

Sementara itu pasukan Amerika di Fallujah telah menemukan sebuah rumah persembunyian dimana kata mereka ditemukan bukti yang berkait dengan tokoh militan buronan Abu Musab al-Zarqawi. Letnan Jenderal John Sattler tidak memberi pengukuhan, tetapi katanya pasukan koalisi telah menemukan sejumlah markasbesar pemberontak di kota itu. Wartawan yang mengikuti pasukan Amerika di Fallujah mengatakan pasukan yang menggeledah rumah persembunyian itu menemukan foto-foto, catatan, amunisi dan surat yang diduga dari al-Zarqawi. Rekaman video seorang wartawan berita Amerika juga memperlihatkan lukisan dinding yang menyatakan kesetiaan kepada jaringan teroris al-Qaida.

Beberapa jenazah tergeletak di luar rumah itu, dan ditemukan sebuah truk buatan Amerika yang dihubungkan dengan kawat ke bahan peledak di dekatnya. Para pejabat Amerika dan Irak telah mengatakan pemimpin teroris itu mungkin sudah lari dari Fallujah menjelang serbuan.

XS
SM
MD
LG