Tautan-tautan Akses

Warga Muslim Bersembahyang untuk Yasser Arafat  - 2004-11-12


Warga Muslim bersembahyang untuk Yasser Arafat ketika berlangsung sebuah upacara untuk pemimpin Palestina itu di Kairo hari ini, sebelum jenazahnya diterbangkan ke Tepi Barat untuk dikubur.

Tamu-tamu penting dari seluruh penjuru dunia akan menghadiri upacara yang dipimpin oleh ulama Muslim, Sheik Agung dari Al Azhar, Mohammed Sayed Tantawi.

Televisi Mesir menyiarkan upacar ini secara langsung, namun masyarakat tidak diperkenankan menghadiri upacara tersebut, yang berlangsung dibawah pengamanan yang ketat.

Amerika diwakili oleh Asisten Menteri Luar Negri William Burns, sedang Inggris mengirim Menteri Luar Negri Jack Straw. Israel tidak mengirim siapa-siapa ke upacara di Kairo tersebut.

Setelah upacara di mesjid itu, jenazah diantarkan ke bandara Kairo, untuk selanjutnya diterbangkan ke rumah pemimpin Palestina itu di Tepi Barat.

Perdana Menteri Palestina Ahmad Queria sudah berada di Ramallah untuk mengawasi persiapan pemakaman Arafat. Pemimpin Al Fatah yang baru, Farouk Kaddoumi dan pemimpin PLO yang baru, Mahmoud Abbas ikut dalam upacara di Kairo itu.

Kesehatan Arafat menurun terus sejak ia meninggalkan Ramallah untuk pengobatan dua minggu yang lalu, tetapi tidak ada kepastian mengenai apa penyakit yang dideritanya, atau apa penyebab kematiannya.

Mesir, dimana diperkirakan Arafat lahir, menerima penyelenggaraan upacara itu diwilayahnya karena banyak pemimpin Arab merasa sulit secara politis, untuk bepergian kewilayah Palestina yang dikuasai Israel.

Keamanan sangat ketat di Israel hari ini, dan polisi serta pasukan disiagakan pada tingkat tertinggi sejak terjadi invasi Amerika ke Irak tahun lalu.

XS
SM
MD
LG