Tautan-tautan Akses

Tentara Irak Dan AS  Masuk Ke Pusat Kota Fallujah - 2004-11-10


Tentara Irak dan Amerika sudah masuk ke pusat kota Fallujah hari Selasa, tetapi seorang komandan senior Amerika mengatakan ada hari-hari mendatang akan terjadi pertempuran sengit di kota untuk mengambil alih kota itu dari tangan pemberontak. Letnan-Jenderal Thomas Metz mengatakan pasukan koalisi mengancurkan ring luar perlawanan pemberontak sewaktu serangan dua hari pertama. Ia mengatakan ribuan tentara kini menggempur kelompok-kelompok pemberontak ukuran kecil dalam pertempuran di jalanan. Belum ada pengumuman mengenai jumlah korban. Ia menambahkan hanya segelintir pemberontak yang sudah tertangkap. Ia mengatakan besar kemungkinan teroris buron Abu Musab al-Zarqawi lari menyelamatkan diri dari kota itu sebelum serangan dimulai. Presiden Bush memuji tentara Amerika dan Irak karena membawa para pemberontak ke pengadilan dan membuat mereka tidak bisa menghentikan kemajuan demokrasi. Penduduk Fallujah umumnya sudah lari menyelamatkan diri sebelum serangan terjadi.

Sementara itu pemberontak telah meningkatkan serangan mereka di beberapa kota lain di Irak dan dikabarkan telah menguasai pusat kota Ramadi. Penduduk kota itu mengatakan ratusan militan bersenjata mengusai pusat kota, setelah adanya laporan bahwa tentara Amerika mundur ke pinggir kota pagi hari.

Di utara, dekat Baquba, pejabat-pejabat setempat mengatakan pemberontak menyerang dua kantor polisi, melukai lebih 10 orang. Empat militan dikabarkan tewas.

Dekat pusat perminyakan Kirkuk, Irak Utara, dua pekerja pembangunan tewas dan beberapa lagi luka-luka ketika sebuah bom meledak. Dan di Mosul, militer Amerika mengatakan dua tentaranya tewas dan seorang kontraktor luka-luka dalam serangan mortir.

XS
SM
MD
LG