Tautan-tautan Akses

Lebih Banyak Pasukan Perancis Dikirim Ke Pantai Gading - 2004-11-08


Menteri Pertahanan Perancis Michele Alliot-Marie mengatakan situasi di Pantai Gading tegang tetapi "terkendali," setelah lebih banyak pasukan Perancis tiba di negara Afrika Barat itu.

Tentara Perancis dikerahkan di ibukota perdagangan, Abidjan, hari Ahad pada saat protes anti Perancis memasuki hari kedua, yang dilakukan oleh orang-orang yang setia pada presiden negara itu.

Seorang jurubicara pemerintah Pantai Gading Desire Tagro menuduh Perancis menyerang negara Afrika Barat itu. Tetapi Menteri LN Perancis Michel Barnier mengatakan tindakan militer itu dimaksudkan untuk menjamin keamanan, bukan menggoyahkan negara itu.

Hari Sabtu, pasukan Pantai Gading membom sebuah pangkalan militer Perancis di wilayah yang dikuasai pemberontak, menewaskan sembilan tentara Perancis dan seorang Amerika. Pejabat-pejabat Pantai Gading mengatakan serangan itu kekeliruan. Pesawat-pesawat Perancis menghancurkan pesawat militer Pantai Gading sebagai balasan.

Pasukan pemerintah Pantai Gading mulai menyerang daerah-daerah yang dikuasai pemberontak hari Kamis, membuyarkan gencatan senjata yang sudah berlangsung selama 18 bulan.

XS
SM
MD
LG