Tautan-tautan Akses

Presiden Bush Resmi Menerima Kemenangan, Pemimpin Dunia Ucapkan Selamat - 2004-11-04


Presiden Bush telah dengan resmi menerima kemenangannya dalam pemilihan Presiden Amerika, dan berjanji akan melakukan apa saja yang dapat dilakukan untuk melindungi dan melayani rakyat Amerika dalam masa jabatan 4 tahun berikut. Pidato penerimaannya di Washington hari ini diucapkan kurang dari satu jam setelah saingannya dari partai demokrat John Kerry dengan terbuka menerima kekalahannya dan mendesak warga Amerika agar bersatu setelah pemilihan umum yang sangat berimbang dan runcing. Presiden Bush juga meminta dukungan dari rakyat Amerika, dengan mengatakan ia dengan bangga memimpin negara. Ia berjanji akan melakukan perang terhadap teror dengan semua sumberdaya yang tersedia, dan mengatakan ia akan terus membina kerjasama dengan afghanistan dan Irak, supaya kedua negara tersebut semakin kuat.

Ia juga menjanjikan kemajuan dalam masalah dalam negeri, termasuk perbaikan ekonomi dan pendudukan serta reformasi tunjangan pensiun. Bush diperkenalkan wakil Presiden Cheney, yang mengatakan pemerintahan Bush mendapat dukungan luas dalam kampanye. Hasil yang hampir selesai dihitung dari pemilu kemarin menunjukkan Bush unggul atas Kerry dalam perolehan jumlah suara 51 persen bading 48 persen atau kira-kira 3 setengah juta suara. Presiden tadinya berharap akan kemenangan cepat, tetapi penghitungan sepanjang malam di negara bagian Ohio menunda hasil pemilu di negara bagian tersebut. Senator Kerry mengakui bahwa kelebihan peroleh suara Presiden di Ohio tidak dapat lagi dikejarnya. Jumlah pemilih yang turut memberi suara sangat besar setelah kampanye yang lama dan sengit yang terpusat pada perang melawan terorisme, Irak, dan ekonomi.

Sementara itu, para pemimpin dunia telah mulai memberi reaksi atas kemenangan George Bush dalam pemilihan Presiden Amerika serikat. Perdana Menteri Inggris Tony Blair mengemukakan bahwa terpilihnya kembali Presiden Bush dicapainya dalam saat yang genting di dunia, yang menurut Blair, terpecah belah dan tidak pasti. Ia berjanji akan bekerjasama dengan Bush dalam perang melawan kemiskinan dan terorisme, dan menjalankan kembali proses perdamaian Timur Tengah. Sekertaris Jenderal PBB Kofi Annan dengan hangat mengucapkan selamat kepada Presiden Bush atas pemilihannya kembali dan juga kepada saingannya Kerry atas, apa yang disebut Annan, keputusan yang cepat dan kenegarawanannya untuk menerima hasil pemilu. Ketua komisi Eropa Romano Prodi mengucapkan selamat kepada Bush atas kemenangannya dengan mengatakan Uni Eropa akan terus berusaha memperkuat apa yang disebutnya ikatan persahabatan dan kerjasama dengan Amerika Serikat. Para pejabat Israel menyebut hasil pemilu Amerika kemenangan bagi mereka yang bertekad untuk berjuang melawan terorisme. Para pemimpin dunia lain sudah mulai memberi reaksi sejak calon dari partai demokrat John Kerry menelpon Bush Rabu pagi untuk menerima kekalahannya dalam pemilu. Beberapa menyatakan lebih suka kepada Presiden Bush. Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan kemenangan calon partai republik menunjukkan rakyat Amerika tidak dapat diintimidasi oleh ancaman teroris. Putin telah membuat perang melawan terorisme sasaran utama pemerintahannya. Presiden Polandia Aleksander Kwasniewski mengatakan prospek kerjasama lebih jauh dengan Presiden Bush adalah hal yang baik bagi Polandia. Polandia adalah salah satu dari beberapa negara Eropa yang turut dalam koalisi yang dipimpin Amerika di Irak. Menteri luar negeri Spanyol Miguel Angel Moratinos mengatakan melalui radio Spanyol negaranya akan berusaha keras meningkatkan hubungan dengan Amerika serikat, siapapun yang memenangkan pemilihan Presiden. Moratinos, yang negaranya menarik pasukan dari koalisi yang dipimpin Amerika di Irak, menyebut Amerika Serikat sekutu dan sahabat. Menteri dalam negeri Jerman Otto Schily, yang negaranya menentang perang di Irak, mengatakan Jerman dan Amerika Serikat harus bekerjasama untuk membantu menstabilkan keadaan di Irak, tanpa memperdulikan perselisihan di masa lampau. Perdana Menteri interim Irak Iyad Allawi mengatakan negaranya akan memelihara hubungan persahabatan dengan Amerika Serikat, siapapun yang menang. Seorang jurubicara Yaser Arafat mengatakan ia berharap Bush akan mengambil kebijakan baru di Timur Tengah kalau ia menang. Bush dan pemerintahannya tidak mau berurusan dengan arafat dalam proses perdamaian Timur Tengah.

XS
SM
MD
LG