Tautan-tautan Akses

Bashir Menjalani Peradilan Sehubungan Pemboman di Indonesia - 2004-10-28


Ulama Islam Abu Bakar Bashir menjalani peradilan hari Kamis ini sehubungan dengan dua pemboman teroris di Indonesia.

Bashir dituduh merencanakan atau menghasut terjadinya pemboman bunuh diri di hotel Marriott di Jakarta, dan juga peristiwa pemboman di Bali tahun 2002.

Penjagaan keamanan sangat ketat di sekitar gedung aula Jakarta yang diubah menjadi ruang persidangan untuk peradilan itu. Segerombolan pendukung Bashir mengumandangkan teriakan “Allahu Akbar” ketika dia memasuki gedung tersebut.

Setelah jaksa penuntut membacakan dakwaan terhadap Bashir, peradilan itu ditunda sampai tanggal 4 Nopember.

Bashir dituduh memimpin kelompok militan regional Jemaah Islamiyah, yang diduga sebagai pelaku pemboman di hotel Marriott dan di Bali.

Kyai Bashir menampik semua tuduhan itu.

Sementara itu, Kedutaan Besar Amerika di Jakarta kembali memperingatkan warga Amerika akan ancaman serangan teroris di Indonesia.

Dalam pernyataan yang dirilis Rabu kemarin, kedutaan itu mendesak warga Amerika agar menghindari daerah sekitar gedung aula Jakarta tempat peradilan ulama militan Islam Abu Bakar Bashir sedang berlangsung, dan mengatakan kerusuhan demonstrasi protes di jalan dapat terjadi.

Kedutaan Besar Amerika menyatakan mereka masih menerima laporan bahwa kelompok teror tetap berupaya menyerang warga atau kepentingan Amerika maupun negara barat lainnya di Indonesia.

XS
SM
MD
LG