Tautan-tautan Akses

Iran Mengakhiri Pembicaraan Dengan Uni Eropa Tanpa Kesepakatan Soal Program Nuklir - 2004-10-22


Iran mengakhiri pembicaraan dengan pihak Eropa tanpa menyepakati tawaran teknologi nuklir dengan imbalan penghentian aktivitas pengayaan uranium.

Tetapi seorang utusan Iran mengatakan Teheran akan mempertimbangkan usul Eropa yang dibicarakan hari ini di Wina. Utusan Iran itu, Sirus Naseri mengatakan dia berharap pembicaraan dilanjutkan dengan pihak Eropa setelah para diplomat Iran pulang untuk mempelajari tawaran itu.

Menurut sumber-sumber diplomatik, utusan Prancis, Jerman dan Inggris menawarkan kontrak perdagangan dan reaktor riset nuklir air-ringan kepada Iran, dengan imbalan jaji Iran menghentikan pengayaan uranium negara itu.

Hari Rabu Presiden Iran Muhammad Khatami mengatakan Iran tidak akan melepaskan program pengayaan uranium. Tetapi katanya Iran bersedia memberi jaminan kepada dunia bahwa negara itu tidak akan membuat senjata nuklir.

Amerika Serikat menyatakan curiga upaya pengayaan uranium Iran merupakan bagian usaha rahasia untuk membuat senjata nuklir. Teheran berkeras upaya pengembangan nuklirnya tidak bersifat militer.

XS
SM
MD
LG