Tautan-tautan Akses

Menlu Colin Powell Akan Kunjungi Jepang, Cina dan Korea Selatan - 2004-10-17


Menteri Luar Negeri Amerika, Colin Powell, akan mengunjungi Jepang, Cina dan Korea Selatan akhir pekan ini untuk mengadakan perundingan mengenai Korea Utara dan penyusunan(pengaturan) kembali pasukan Amerika di daerah itu.

Para pejabat di Washington mengatakan pertemuan MenLu Powell itu juga akan dipusatkan pada keamanan regional, masalah terorisme dan Irak.

MenLu Powell akan mencari cara untuk memulai kembali perundingan enam pihak mengenai Korea Utara, yang bertujuan untuk meyakinkan Pyongyang agar menghentikan program senjata nuklirnya. Korea Utara sudah menyatakan bahwa negara itu tidak akan menhadiri perundingan itu, karena apa yang disebutnya sebagai kebijaksanaan Washington yang bersifat bermusuhan.

Banyak pengamat yang merasa pendirian Pyongyang itu dimaksudkan untuk menunda perundingan sampai setelah pemilihan presiden Amerika tanggal 2 Nopember yad., dengan harapan perubahan dalam pemerintahan Amerika akan mengakibatkan Washington membatalkan oposisinya terhadap perundingan dua pihak dengan Korea Utara.

XS
SM
MD
LG