Tautan-tautan Akses

Barham Salih Mengecam PBB karena Tidak Memberikan Dukungan kepada Irak - 2004-10-13


Irak mendesak para donor internasional agar mempercepat pengiriman bantuan yang mereka janjikan supaya negeri yang dikoyak perang itu dapat membangun masa depan lebih baik bagi rakyatnya.

Berbicara di depan wakil-wakli dari 55 negara dan organisasi pada konperensi donor di Tokyo Rabu ini, Wakil Perdana Menteri Irak Barham Salih mengatakan perkembangan dan stabilitas negara tidak dapat didorong maju melalui todongan laras senapan.

Barham Salih juga mengecam PBB karena tidak memberikan dukungan yang cukup kepada Irak.

Wakil MenLu AS Richard Armitage mengatakan dalam konperensi itu Bahwa Amerika sudah mengeluarkan dana sebesar satu milyar dolar dana bantuan ke Irak dalam waktu tiga bulan terakhir ini. Armitage juga mengatakan penghapusan utang adalah sangat penting bagi kepulihan Irak.

Konperensi di Tokyo itu adalah kelanjutan dari pertemuan tahun lalu di Madrid dimana para donor menjanjikan bantuan sebesar 13 milyar dolar bagi proyek pembangunan kembali Irak setelah perang.

Sejauh ini, baru kira-kira 1 milyar dolar yang sudah dimasukkan ke dalam rekening yang dibuat khusus oleh Bank Dunia dan PBB untuk dana bantuan Irak.

XS
SM
MD
LG