Tautan-tautan Akses

Calon Lawan Karzai Menuduh Para Pemilih Memilih Lebih dari Satu Kali - 2004-10-10


Para peninjau internasional dan pejabat-pejabat Afghanistan mendesak kepada para calon dalam pemilihan presiden untuk pertama kali sepanjang sejarah di Afghanistan agar bersabar dan memberi waktu kepada yang berwenang yang sedang menyelidiki kemungkinan terjadi kecurangan.

Beberapa calon yang berhadapan dengan Presiden sementara Hamid Karzai menuduh bahwa sebagian orang memilih lebih dari sekali, bahwa TPS tutup terlalu awal di daerah-daerah oposisi, dan bahwa para pemilih dilatih untuk memilih Karzai. Mereka mengatakan keseluruhan pemilu itu hendaknya dibatalkan. Tetapi sebagian calon lainnya sekarang mengatakan mereka akan menghormati hasil penemuan komisi.

Jutaan rakyat Afghanistan memberikan suara mereka hari Sabtu , meskipun ada ancaman dari sisa-sisa Taleban untuk mengganggu pemungutan suara.

Para pejabat menyerukan kesabaran sementara komisi pemilihan gabungan Afghanistan dan PBB menyelidiki tuduhan-tuduhan itu. Penghitungan suara akan dimulai Senin ini, meskipun hasil akhir belum akan diketahui sebelum akhir bulan ini. ***

XS
SM
MD
LG