Tautan-tautan Akses

Misionaris Kristen Cedera Dalam Serangan Di India Selatan - 2004-09-27


Polisi di negara bagian Kerala di India Selatan mengatakan sejumlah misionaris Kristen yang membagi-bagikan pangan kepada penduduk desa kasta rendah yang miskin telah diserang oleh orang-orang yang dicurigai sebagai nasionalis Hindu. Polisi mengatakan para korban --termasuk biarawati dari Misionaris Amal Ibunda Teresa-- diserang di pinggir kota Calicut hari Sabtu oleh sejumlah pemuda yang menggunakan pentungan-pentungan besi. Media lokal mengatakan para penyerang adalah pendukung-pendukung Partai nasionalis Hindu, Bharatiya Janata. Partai itu telah menyangkal terlibat. Polisi mengatakan mereka telah menahan beberapa orang dalam kaitan dengan insiden tersebut. Pengikut Hindu garis keras menuduh misionaris Kristen itu berusaha agar penduduk Hindu kasta rendah dan miskin itu berpindah agama dengan menawarkan uang sebagai pancingan, tuduhan yang disangkal oleh organisasi-organisasi Kristen. Agama Kristen dipeluk hanya oleh kurang lebih dua persen penduduk India yang jumlahnya lebih dari satu milyar orang.

Sementara, India hari Senin ini akan mengadakan pesta pora memperingati ulang tahun ke 350 salah satu tempat paling terkenalnya, Taj Mahal.

Upacara di Agra akan memulai kampanye selama enam bulan untuk menarik wisatawan.

Monumen dari marmar putih untuk mengabadikan cinta itu dibangun pada abad ke 17 sebagai makam istri yang paling dicintai oleh seorang Kaisar India.

Pemerintah negara bagian Uttar Pradesh mengajukan petisi kepada Mahkamah Agung India agar Taj Mahal dibuka pada waktu malam. Monumen itu tertutup bagi pengunjung setelah matahari terbenam sejak tahun 2000 karena ancaman kaum teroris.

XS
SM
MD
LG