Tautan-tautan Akses

Ribuan Melakukan Aksi Unjuk Rasa Di Bangladesh - 2004-08-25


Para demonstran dari pihak oposisi di Bangladesh menyerang stasiun kereta-api dan baku hantam dengan polisi di beberapa daerah negara itu pada permulaan pemogokan umum sebagai protes atas serangan granat mematikan baru-baru ini.

Polisi mengatakan lebih dari 25 orang luka-luka dalam tindak kekerasan hari Selasa dan bahwa para demonstran juga membongkar rel di beberapa tempat supaya kereta-api tidak bisa bergerak. Polisi telah menahan kurang lebih 50 orang.

Pemogokan itu, diserukan untuk memprotes serangan granat mematikan hari Sabtu terhadap salah satu rapat massa politik, di mulai dengan ribuan orang berpawai di Dhaka.

Pihak oposisi, Liga Awami, mengimbau aksi-mogok ini, dengan mengatakan serangan hari Sabtu itu adalah suatu upaya pembunuhan atas pemimpinnya, mantan Perdana Menteri Sheikh Hasina. Sheik Hasina hanya mengalami luka-luka ringan, tetapi setidaknya 20 orang tewas dan kira-kira 150 luka-luka

Angka kematian bertambah menjadi 20 ketika seorang pemimpin dari golongan perempuan dalam partai itu, Ivy Rahman – tewas akibat luka-luka yang dideritanya dalam ledakan itu.

XS
SM
MD
LG