Tautan-tautan Akses

John Kerry Serukan Pemerintahan Bush Longgarkan Pembatasan Riset Sel Batang - 2004-08-08


Kandidat Partai Demokrat, Senator John Kerry menyerukan agar pemerintah federal mengurangi pembatasan terhadap penelitian medis yang menggunakan batang-batang sel embryonic. Selama ini pemerintahan Presiden Bush telah membatasi studi-studi batang sel di Amerika, karena kritik bahwa pengumpulan sel-sel semacam itu membutuhkan penghancuran embrio manusia.

Dalam pidato radionya pada hari Sabtu, Senator Kerry mengatakan, ia, apabila terpilih sebagai Presiden, akan melonggarkan aturan-aturan yang membatasi persediaan sel-sel batang yang bisa digunakan oleh para peneliti.

Sel-sel batang, yang didapati dalam embryo atau bayi yang baru lahir, memiliki kemampuan untuk berkembang dalam berbagai macam bentuk dalam tubuh, misalnya sel-sel otot, sel-sel darah, dan sel-sel otak.

Para peneliti yang mempelajari sel-sel ini, berharap bisa memanfaatkannya untuk menyembuhkan berbagai penyakit yang kini tidak bisa diobati, seperti kerusakan pada sistem saraf dan otak, serta untuk menggantikan organ-organ tertentu.

XS
SM
MD
LG