Tautan-tautan Akses

Bobby Fischer Menginginkan Suaka Di Jepang - 2004-08-03


Mantan juara catur dunia Bobby Fischer telah mengajukan permohonan suaka politik di Jepang, dalam upaya baru untuk menghindarkan deportasi ke Amerika Serikat untuk menghadapi tuduhan melanggar sanksi internasional terhadap Yugoslavia.

Fischer mengajukan permohonan itu di pelabuhan udara internasional Tokyo hari Senin. Ia ditahan di sana bulan lalu ketika sedang berusaha berangkat ke Filipina menggunakan paspor Amerika yang dikatakan oleh para pejabat Amerika telah dinyatakan tidak berlaku lagi.

Pelanggaran yang dilakukan oleh Fischer adalah ia bertanding catur 12 tahun yang lalu di bekas Yugoslavia, padahal pada waktu itu ada larangan berkunjung ke negara itu. Ia diancam hukuman penjara kalau dinyatakan bersalah.

Juga hari senin, para pengacara Fischer mengajukan banding kedua untuk menolak deportasi kepada menteri kehakiman Jepang.

Sementara itu, para pejabat di Serbia dan Montenegro, dimana Fischer melakukan pertandingan catur itu, mengatakan mereka bersedia menawarkan suaka kepadanya kalau ia memintanya.

XS
SM
MD
LG