Tautan-tautan Akses

Bush Mengumumkan Prakarsa Baru Untuk Membantu Afghanistan - 2004-06-16


Presiden Bush telah mengungkapkan lima prakarsa baru untuk membantu Afghanistan, dengan mengatakan Amerika mempunyai “komitment yang sangat” untuk membantu agar negara itu makmur.

Presiden Bush mengumumkan hal itu sewaktu jumpa pers dengan Presiden Afghanistan Hamid Karzai hari ini.

Ia mengatakan Amerika akan menyediakan sekolah dan buku pelajaran bagi anak-anak Afghanistan, memberi pelatihan dan hibah kepada wanita pengusaha, dan memulai program pelatihan bagi para politisi Afghanistan. Ia mengatakan kedua negara juga berniat mengupayakan kesepakatan perdagangan dan memperluas program kunjung-mengunjung.

Sebelumnya, ketika berbicara pada sidang-gabungan yang langka di Kongres Amerika, Karzai mengatakan negaranya memerlukan investasi asing lebih banyak sementara berupaya membangun kembali setelah konflik bertahun-tahun.

Ia menyatakan terima kasih kepada Amerika atas dukungannya, dengan mengatakan tanpa bantuan itu, Afghanistan tidak akan mungkin menyingkirkan pemerintahan Taliban atau membangun kembali sistem sekolah, kesehatan dan jalan raya yang hancur lebur.

Secara terpisah, Presiden Bush juga hari ini bertemu di Gedung Putih dengan Raja Yordania Abdullah, yang berada di Washington untuk urusan pribadi.

XS
SM
MD
LG