Tautan-tautan Akses

Pidato Presiden Lincoln - 2004-01-13


Salah satu pidato paling penting yang pernah diucapkan dalam Bahasa Inggris di Amerika Serikat adalah Pidato Presiden Lincoln. Pidato itu tidak saja terpenting dalam sejarah Amerika, tetapi juga paling indah. Pidato Lincoln yang termasyur itu disebut "Pidato Gettysburg".

Kisahnya dimulai pada musim panas tahun 1863 di kota kecil Gettysburg, yang terletak di Negara-bagian Pennsylvania, Amerika sebelah timur. Gettysburg adalah kota kecil pertanian dan kota pasar pada waktu itu.

Pada tanggal 1 , 2 dan 3 Juli dua kelompok sangat besar tentara Angkatan Darat bentrok di kota Gettysburg.. Pertempuran terjadi di salah satu medan laga paling penting dalam perang saudara di Amerika. Karena pertempuran itu, kota pasar kecil Gettysburg menjadi bagian paling penting dalam sejarah Amerika.

Jenderal Robert E. Lee memimpin tentara Amerika di negara-negara bagian sebelah selatan, yang disebut pasukan konfederasi, menyerbu ke negara-negara bagian sebelah utara dengan memasuki Negara-bagian Pennsylvania. Jenderal Lee menyerbu ke utara dengan harapan dapat memperoleh kemenangan besar , kemenangan yang mungkin akan membantu tujuan pasukan Konfederasi.

Negara-negara bagian sebelah selatan, di mana sistem perbudakan legal atau syah, berusaha membentuk negara mereka sendiri. Mereka menginginkan hak untuk memerintah sendiri. Negara-negara bagian utara Amerika Serikat tidak menghendaki mereka meninggalkan Amerika Serikat, yang disebut Union.

Tentara Union pimpInan Jenderal George Gordon Mead mengikuti jejak tentara Konfederasi. Kedua pasukan bertemu di kota Gettysburg dalam pertempuran sesengit teriknya panas matahari musim panas Juli 1863.

Buku-buku sejarah Amerika penuh dengan nama tempat-tempat di Gettysburg dan sekitarnya, di mana terjadi pertempuran sengit. Misalnya, Little Round Top, Cemetery Ridge, the Devil's Den, dan Pickett's Charge. Di tempat-tempat itulah di mana ribuan jiwa tentara tewas untuk membela gagasan berdirinya Amerika Serikat.

Jenderal Lee dan pasukan Konfederasi kalah dalam perang besar. Mereka terpaksa kembali ke selatan. Banyak lagi pertempuran terjadi dalam Perang Saudara. Beberapa sesengit yang terjadi di Gettysburg. Namun tidak banyak yang dikenang dengan baik.

Gettysburg adalah medan termpur terbesar yang terjadi di benua Amerika Utara. Pertempuran itu menjadi tema pidato yang diucapkan 5 bulan kemudian oleh Presiden Amerika Serikat, Abrahan Lincoln.

2 November 1863, David Wills dari kota Gettysburg menulis sepucuk surat kepada Presiden Abraham Lincoln, Dalam surat itu, David Wills menjelaskan bahwa jenazah-jenazah tentara yang gugur dalam medan tempur besar telah dipindahkan ke tempat khusus dan dimakamkan.

Dia mengundang Presiden Abraham Lincoln untuk menghadiri upacara guna menghormati para tentara yang telah gugur mempertahankan keutuhan Union. David Wills juga menjelaskan bahwa pembicara utama hari itu adalah Edward Everett, orator paling terkenal di Amerika Serikat pada waktu itu.

Presiden Lincoln menerima udangan itu. Para ahli sejarah mengatakan presiden mungkin menerima undangan itu karena beberapa alasan. Presiden Lincoln mungkin telah memutuskan bahwa saat itu sangat tepat untuk menghormati mereka yang telah mengorbankan jiwa dalam Perang Saudara. Presiden juga mungkin telah memandang upacara itu sebagai kesempatan untuk mengatakan betapa pentingnya perang itu. Bagi presiden, peristiwa itu penting, tidak saja untuk menyelamatkan negara-negara bagian yang tergabung dalam Union, tetapi juga untuk menciptakan kebebasan dan persamaan di bawah undang-undang.

Presiden Lincoln menggarap dan menyiapkan pidato agak lama. Dia menulis sendiri pidato itu pada kertas Gedung Putih. Presiden tiba di kota Gettysburg dengan naik kereta api satu hari sebelum upacara. David Wills telah mengundang presiden untuk tinggal bermalam di rumah David Wills.

Presiden Lincoln dan David Wills meninggalkan rumah itu menuju tempat pemakaman baru pagi berikutnya. Untuk sejenak, Marilah kita bayangkan bahwa sekarang ini tanggal 19 November 1863, Cuaca sejuk. Awan mengapung di angkasa.

Saat sudah hampir tengah hari. Kita telah tiba di makam baru Gettysburg. 15 ribu orang menghadiri upacara untuk mendengarkan Edward Everett dan Presiden Abraham Lincoln berpidato.

Hampir dua jam, Presiden Lincoln mendengarkan pidato Edward Everett. Suara orator Amerika itu sangat kuat. Dia berbicara mengenai upacara-upacara pemakaman pada jaman kuno. Dia menceriterakan bagaimana tentara muda yang telah gugur di sini hendaknya dihormati. Akhirnya, Everett selesai juga.

Diterjemahkan oleh Purwati Soeprapto

XS
SM
MD
LG