Tautan-tautan Akses

Sebagian Ilmuwan Nuklir Pakistan Dicurigai Jual Teknologi ke Luar Negeri - 2003-12-23


Pakistan mengatakan, penyelidikan awal menunjukkan bahwa sebagian ilmuwan nuklir mereka mungkin terdorong oleh ambisi pribadi dan keinginan mereka untuk melakukan pengalihan teknologi nuklir kepada Iran. Jurubicara kementrian luar negeri Pakistan Masood Khan mengatakan, pemerintah Pakistan tengah menginterogasi sejumlah ilmuwan nuklir mereka untuk mematsikan apakah mereka terlibat dalam alih teknologi kepada Iran.

Untuk pertama kalinya, Khan mengungkapkan dalam jumpa pers itu bahwa pendiri program senjata nuklir Pakistan Abdul Kadir Khan, juga tengah ditanya soal ini. Jurubicara kementrian penerangan Pakistan mengatakan, penyelidikan ini dimulai lima atau enam minggu lalu, setelah diterima informasi dari Iran dan Badan tenaga atom internasional (IAEA).

Sejumlah harian di Amerika melaporkan bahwa bukti-bukti yang dikumpulkan oleh para pejabat Amerika dan internasional menunjukkan bahwa Pakistan adalah sumber teknologi peningkatan kualitas uranium yang dialihkan ke Iran dan Korea utara, selain juga beberapa negara lainnya.

XS
SM
MD
LG