Tautan-tautan Akses

Jendral AS Ricardo Sanchez: Saddam Ditangkap Dalam Operasi 'Fajar Merah' - 2003-12-15


Letnan Jendral Amerika Ricardo Sanchez mengatakan Saddam ditangkap dalam operasi yang disebut "Fajar Merah", setelah intelijen menyimpulkan dua kemungkinan sasaran dekat sebuah rumah pertanian di selatan Tikrit. Jendral Sanchez mengatakan pasukan dari Infantri KeEmpat Amerika mula-mula tidak menemukan siapa pun, tetapi mengurung daerah seluas dua kilometer persegi dan mulai melakukan penyelidikan yang ekstensif. Ia mengatakan Saddam akhirnya ditemukan ketika pasukan Amerika melihat sebuah dinding yang terbuat dari batu bata dan lumpur yang menutupi pintu masuk ke lubang di bawah tanah sedalam dua meter. Ia mengatakan tempat persembunyian terpencil di dekat kota Adwar itu mempunyai jalan angin dan kipas penghembus udara dan cukup luas untuk satu orang tidur terlentang.

Saddam tidak melakukan perlawanan. Jendral Amerika itu mengatakan Saddam mempunyai dua senjata AK-47, sebuah pistol, dan 750,000 dolar Amerika yang terdiri dari lembaran ratusan dolar. Ia mengatakan dua orang Irak lainnya yang mempunyai kaitan dengan mantan pemimpin Irak itu juga ditngkap. Jendral Sanchez mengatakan ia melihat Saddam setelah ia ditangkap dan menggambarkan buron berumur 66 tahun itu -mengutip kata-katanya - "seorang laki-laki yang kecapaian yang sudah pasrah akan nasibnya."

Sementara, para pejabat Irak sekarang mengatakan ledakan mobil di Baghdad hari Ahad adalah sebuah kecelakaan dan bukan serangan. Para saksi mata mula-mula mengatakan ledakan itu bersasal dari bom mobil, tetapi kemudian laporan-laporan mengatakan ledakan itu terjadi ketika tanki bensin mobil itu terkena jilatan api. Secara terpisah, pasukan Amerika di negara tetangga Kuwait mengatakan empat tentara Amerika yang ditempatkan di sana luka-luka ringan ketika penyerang-penyerang yang tak dikena.l menyerang konvoi militer mereka. Pejabat tertinggi militer Amerika di Irak, Jendral Ricardo Sanchez mengatakan kepada para wartawan hari ini ia tidak melihat kemungkinan serangan terhadap pasukan Amerika akan berhenti dengan tertangkapnya Saddam. Sebelum pengumuman hari Ahad mengenai tertangkapnya mantan pemimpin Irak itu, sebuah ledakan bom mobil yang kuat menewaskan sekurang-kurangnya 17 orang.

XS
SM
MD
LG