Tautan-tautan Akses

Ledakan Guncang Jerusalem Setelah Bom Bunuh Diri Dekat Tel Aviv - 2003-09-10


Polisi Israel mengatakan serangan bunuh diri di Jerusalem mengakibatkan setidaknya empat orang tewas beberapa jam setelah seorang Palestina pelaku bom bunuh diri menewaskan tujuh orang di Tel Aviv timur. Mereka mengatakan 40 lagi luka-luka dalam ledakan terbaru ini di salah satu kafe di Jerussalem barat. Selasa pagi, polisi Israel mengatakan seorang Palestina meledakkan dirinya dekat sebuah halte bis di luar kamp militer. Banyak di antara yang tewas dan 15 yang luka-luka adalah tentara. Belum ada yang langsung menyatakan bertanggung jawab atas kedua ledakan itu. Tetapi seorang jurubicara untuk kelompok militan Hamas sebelumnya mengatakan serangan itu adalah pembalasan atas serangan Israel terhadap orang Palestina.

Sementara itu, kelompok militan Hamas menyatakan tanggung jawab atas dua pemboman bunuh diri hari Selasa di Israel yang menewaskan setidaknya 13 orang. Sayap militer kelompok itu mengemukakan tanggung jawab itu dalam sebuah statemen tidak lama setelah ledakan kedua. Selasa petang, setidaknya enam orang tewas ketika pembom bunuh diri meledakkan dirinya di luar kafe yang ramai pengunjung di Jerussalem barat. Setidaknya 40 orang luka-luka dalam ledakan itu. Serangan ini terjadi beberapa jam setelah seorang Palestina pelaku bom bunuh diri menewaskan tujuh orang di Tel Aviv dekat sebuah halte bis di luar kamp tentara. 15 lagi luka-luka dalam ledakan itu.

Sebelumnya dilaporkan, seorang Palestina yang menjadi pelaku bom bunuh diri menewaskan tujuh orang dan melukai 15 lagi dalam serangan di luar basis militer Israel di Tel Aviv timur. Polisi mengatakan ledakan itu terjadi dekat sebuah halte bis di gerbang barak tentara Tzrifin. Belum ada yang menyatakan bertanggung jawab. Tetapi jurubicara untuk kelompok militan HAMAS Abdul Aziz Rantisi mengatakan serangan ini adalah pembalasan atas serangan Israel terhadap orang Palestina. Ledakan bunuh diri itu, dikutuk oleh Israel, Amerika dan Ahmad Korei, yang telah dicalonkan menjadi perdana menteri Palestina berikutnya.

XS
SM
MD
LG