Tautan-tautan Akses

HARI BAPAK DI AMERIKA - 2003-06-17


Jika ada pepatah mengatakan, “Surga di telapak kaki Ibu” memang benar, karena ibu-lah yang melahirkan kita. Namun tidak sedikit pula kaum pria yang menjadi ayah, hidup tanpa istri, berjuang mencari nafkah dan sekaligus membesarkan anak-anaknya. Apalagi di negara maju seperti Eropa dan Amerika, di mana tenaga pengasuh anak sangat mahal. Tidak sedikit para ayah meluangkan waktunya untuk anak-anak mereka sambil mengurus rumah tangga di tengah kesibukan pekerjaan utamanya.

Hari Bapak pertama kali dimulai pada awal abad ke-19, timbul dari keinginan seorang perempuan yang merasa amat berterima kasih dan memberikan penghargaan kepada bapak kandungnya, seorang veteran perang saudara bernama William Smart. Istri William meninggal dunia ketika melahirkan anak. Sejak itulah William mengasuh enam orang anaknya di daerah pedesaan di sebelah Timur negara bagian Washington.

Ketika Sonora Louise Smart Dodd, salah seorang anak perempuan William dewasa, ia ingin menunjukkan rasa penghargaan itu kepada ayahnya. Menurut Sonora, ayahnya sangat mencintai anak-anaknya dan tabah dalam membesarkan mereka sebagai seorang bapak tanpa istri atau single parent selama 21 tahun.

Pada tahun 1909, Sonora mengusulkan sebuah hari untuk menghormati ayahnya yang lahir pada tanggal 5 Juni. Namun Hari Bapak diperingati pertama kali pada tanggal 19 Juni 1910 di Spokane, Washington, dengan alasan tidak cukup waktu untuk mempersiapkannya. Pada masa pemerintahan Presiden Calvin Coolidge, ia menyatakan dukungannya untuk menjadikan hari itu sebagai Hari Nasional. Namun, baru pada tahun 1966, Presiden Lyndon Johnson memproklamirkan hari Bapak sebagai hari nasional yang diperingati tiap minggu ketiga bulan Juni. Kini, Hari Bapak diperingati di seluruh Amerika dan Kanada.

Sama halnya dengan Hari Ibu, pada Hari Bapak banyak warga Amerika memberi hadiah kepada suami, kakak laki-laki atau ayah mereka. Hadiah itu dapat berupa alat olahraga, alat-alat kantor, elektronika, pakaian, sampai wewangian. Toko-toko dan pusat perbelanjaan atau mall dipadati pembeli.

"It is a wise father that knows his own child." -- William Shakespeare

"It doesn't matter who my father was; it matters who I remember he was." – Anne Sexton

"One father is more than a hundred schoolmasters." -- English Proverb

"To be a successful father . . . there's one absolute rule: when you have a kid, don't look at it for the first two years." -- Ernest Hemingway

"I cannot think of any need in childhood as strong as the need for a father's protection." -- Sigmund Freud

Oleh: Puspita Sariwati

XS
SM
MD
LG