Tautan-tautan Akses

Guru Sekolah Dasar Terbaik di Amerika Serikat - 2003-06-10


Seorang guru sekolah dasar dari negara bagian Alabama, Amerika Serikat, akan menghabiskan waktunya tahun depan sebagai dutabesar internasional untuk bidang pendidikan. Guru tersebut, Betsy Rogers, baru terpilih sebagai guru terbaik tahun ini di Amerika Serikat. Presiden Bush menghormatinya pekan lalu di Gedung Putih. Sebagai guru terbaik tahun ini, nyonya Rogers akan meninjau ke seluruh Amerika Serikat dan negara lain dan mengajurkan agar guru-guru sekolah terus diberi kursus lanjutan yang lebih baik.

Betsy Rogers telah mengajar selama 22 tahun. Dia mengajar kelas satu dan dua sekolah dasar di sebuah sekolah yang kecil dekat Birmingham, Alabama. Sekolah Dasar ini bernama Leeds Elementary. Siswanya, yang berusia 5 hingga 7 tahun, sebagian besar miskin. Bagi Betsy Rogers, cara mengajar sangat beraneka ragam. Dia menganjurkan kepada para guru lain agar jangan sekali-kali menganggap bahwa seorang siswa tidak dapat belajar atau bodoh. Sebaliknya, ia menyarankan agar para guru mencoba teknik baru untuk memberi penjelasan.

Nyonya Rogers mengatakan salah satu masalah utama sekolah-sekolah yang ada di daerah miskin adalah bahwa sekolah-sekolah ini tidak memperoleh cukup dana. Dia juga menghendaki agar lebih banyak guru yang bersedia datang mengajar ke sekolah-sekolah anak kaum miskin. Dia bersama suaminya pindah ke daerah pertanian dekat sekolah dasar Leeds Elementary pada awal tahun 1980-an. Mereka menghendaki kedua putra mereka mengenal anak miskin dan keturunan ras lain. Sejak itu sampai sekarang ia mengajar di sekolah tersebut.

Betsy Rogers menggunakan lukisan, musik, dan memasak sebagai bagian dari alatnya untuk mengajar. Dia berhasil meyakinkan sekolah tersebut agar memulai suatu program dimana guru-guru mengikuti perkembangan siswa dari mulai awal kelas satu sampai akhir kelas dua. Ini memungkinkan guru dapat mengukur kemajuan anak. Teknik ini disebut di Amerika Serikat “looping.” Sekolah-sekolah lain di negara bagian Alabama sekarang menggunakan teknik tersebut.

Nyonya Rogers juga berminat pada kehidupan siswanya diluar ruang kelas. Dia menghadiri pesta anak-anak dan pertandingan olah raga mereka. Untuk berkomunikasi dengan semua anggota keluarga siswa, dia bahkan mengirim e-mail kepada orang tua siswa.

Betsy Rogers terpilih mendapat kehormatan nasional tadi dari antara guru-guru yang terbaik tahun ini yang ada di masing-masing negara bagian. Dewan pengurus sekolah dari setiap negara bagian menyelenggarakan perlombaan atau pemilihan tersebut.

Nyonya Rogers lulus dari Universitas Samford di Birmingham, Alabama, tahun 1974. Dalam 5 tahun ini, dia telah menyelesaikan 3 lagi program pendidikan. Dia telah meraih gelar Doktor dalam bidang pendidikan.

Diterjemahkan oleh: Guga Pardede

XS
SM
MD
LG