Tautan-tautan Akses

India dan Pakistan tidak akan Mengadakan Pembicaraan dalam Waktu Dekat - 2003-05-23


Menteri Pertahanan India George Fernandes mengatakan India dan Pakistan tidak akan menyelenggarakan pembicaraan dalam waktu dekat.

Berbicara pada sebuah upacara untuk Pengawal Pantai, di kota Madras, India Selatan, hari ini, Fernandes mengatakan ia menyambut dengan baik langkah-langkah yang diambil oleh Pakistan dalam rangka menghentikan aktivitas militan Muslim.

Tetapi India dan Pakistan belum sampai pada saat yang tepat bagi penyelenggaraan pembicaraan, dan usaha-usaha kedua negara dipusatkan pada langkah-langkah pengembalian kepercayaan.

Pejabat Pakistan mengatakan minggu ini pemerintah telah melarang seorang tokoh Islam ekstremis – Masood Azhar – memasuki Kashmir yang dikuasai Pakistan, dan memberlakukan pembatasan terhadap Hezb-ul-Mijahedeen – grup militan terbesar yang terlibat konflik di Kashmir yang dikuasai India.

Pada hari Kamis, Perdana Menteri Pakistan Mir Zafarullah Khan-Jamali mengatakan India dan Pakistan sedang bergerak langkah demi langkah menuju pembicaraan perdamaian. Ia mengatakan pemerintahnya siap melakukan pembicaraan mengenai hubungan ekonomi, budaya dan olahraga antara kedua negara.

Pakistan baru-baru ini menerima tawaran India untuk memulihkan hubungan diplomatik dan membuka kembali jasa pelayanan transpor diantara kedua negara.

XS
SM
MD
LG