Tautan-tautan Akses

Perang Irak Naikkan Dukungan Politik Bagi PM Howard - 2003-04-16


Angket terbaru di Australia menunjukkan pemerintahan PM John Howard memperoleh manfaat dari keterlibatan negaranya dalam perang di Irak. Angket yang mengikut-sertakan 1200 orang menunjukkan 62 persen orang Australia yang diangket mendukung Howard, sementara 16 persen mendukung pemimpin oposisi Simon Crean.

Keputusan Howard untuk ikut koalisi pimpinan Amerika mengakibatkan demonstrasi anti-perang di mana-mana di Australia, tetapi dukungan lokal bagi perang itu meningkat dengan jatuhnya Baghdad – dan fakta bahwa tidak seorangpun warga Australia yang tewas dalam pertempuran.

Di Filipina, Menteri Pertahanan Angelo Reyes mengumumkan negaranya akan mengirim tim pendahulu terdiri dari setidaknya 12 orang ke Timur Tengah pekan depan, untuk menyiapkan perencanaan bagi misi kemanusiaan ke Irak. Ke-500 anggota misi itu diduga akan mencakup tentara, polisi dan petugas kesehatan.

Dan Cina mengatakan Amerika telah berjanji akan melindungi kedutaan Cina di Baghdad dari pernjarahan lebih jauh. Para pejabat Cina pekan lalu mengeluh karena koalisi pimpinan Amerika yang berperang di Irak tidak melindungi kedutaan itu sebagaimana yang diharuskan oleh hukum internasional.

Menurut berbagai laporan orang-orang di ibukota Irak menjarah sejumlah peralatan listrik dan komputer dan juga 11 kenderaan dari kedutaan itu, dalam suasana tanpa hukum di mana-mana setelah pasukan keamanan Irak meninggalkan Baghdad.

XS
SM
MD
LG