Tautan-tautan Akses

Pasukan AS Temukan 40 Rompi Bahan Peledak Untuk 'Bom Bunuhdiri' di Baghdad - 2003-04-13


Pasukan Amerika dan Inggris terus bergerak untuk membersihkan kantong-kantong perlawanan Irak dan memulihkan ketertiban di kota-kota. Tentara Amerika terlibat tembak-menembak sengit di tengah kota Baghdad hari Sabtu dengan pasukan yang setia pada Saddam Hussein, sambil kelompok marinir lainnya bergerak kearah kota Tikrit, kota kelahiran Saddam Hussein. Di Baghdad, penasihat sains Saddam hari Sabtu menyerah kepada pasukan sekutu. Dia adalah satu dari 55 pejabat Irak yang dicari-cari oleh pasukan Amerika.

Sementara, kira-kira 40 rompi kulit yang berisi bahan peledak dan kogelager ditemukan hari Jumat di sebuah sekolah di tengah kota Baghdad. Semua rompi yang kiranya akan dipakai oleh pengebom bunuh diri itu ditemukan tergantung rapi di dalam lemari. Tapi juga ditemukan gantungan-gantungan yang kosong, sehingga ada kemungkinan rompinya sudah diambil oleh calon pengebom bunuh diri.

Kata badan-badan bantuan, situasi keamanan di Baghdad dan kota-kita lain di Irak sangat gawat sehingga tidak memungkinkan pemberian bantuan secara meluas. Hanya tiga dari 30 rumah sakit di Baghdad yang masih buka, kata Palang merah internasional. Sisanya telah dijarah oleh para demonstran dan supplai obat-obatan dicuri. Karena itu, berbagai lembaga bantuan minta pada pasukan koalisi pimpinan Amerika supaya bertindak terhadap para penjarah dan memulihkan ketertiban di kota-kota. Kata Palang merah dan human rights watch, dilihat dari hukum internasional, Amerika adalah negara yang menduduki Irak dan karenanya bertanggung-jawab atas keamanan penduduk.

XS
SM
MD
LG