Tautan-tautan Akses

Mantan Presiden Bush: Perang Teluk Tahun '91 Berbeda Dengan Sekarang - 2003-03-24


Mantan Presiden George H.W. Bush mengatakan masalah yang ia hadapi ketika pemerintahannya melancarkan perang dengan Irak sangat berbeda dengan masalah yang dihadapi oleh putranya, panglima tertinggi sekarang ini.

Dalam wawancara dengan majalah Newsweek, Presiden Bush tua mengatakan ia marah kalau orang menuduh presiden sekarang ini dan Mentri LN Colin Powell gagal dalam melakukan diplomasi ketika Amerika melakukan penyusunan kekuatan menjelang perang. Mantan presiden Amerika itu mengatakan lebih mudah menyusun koalisi internasional melawan Irak pada tahun 1990 karena dunia melihat dengan gamblang penyerbuan Irak terhadap Kuwait. Ia juga mengatakan masyarakat internasional memperkirakan diktator Irak akan tewas atau dipaksa turun oleh rakyatnya sendiri setelah Perang Teluk pertama itu.

Mantan presiden itu mengatakan ia dan putranya sering mengadakan pembicaraan, tetapi ia tidak memberikan nasihat mengenai bagaimana menangani tekanan perang. Bush tua juga mengatakan mengirim tentara Amerika ke medan perang adalah keputusan paling sulit yang harus diambil oleh presiden mana pun.

XS
SM
MD
LG