Tautan-tautan Akses

Yasser Arafat Calonkan Mahmoud Abbas Sebagai PM Baru Palestina - 2003-03-09


Yasser Arafat minta pada sentral Komite PLO supaya menerima pencalonan Mahmoud Abbas sebagai PM Palestina yang baru. Arafat secara resmi mencalonkan Abbas hari Sabtu dalam suatu pertemuan komisi di kota Ramallah. DPR Palestina akan merumuskan tugas-tugas dan tanggung-jawab PM yang baru itu dalam sidang yang akan dimulai hari Senin. Tapi Mahmoud Abbas, yang juga dikenal sebagai Abu Mazen, mengatakan, dia baru akan menyatakan sikap atas penunjukan itu setelah tugas-tugas dan kewajiban jabatan PM selesai dirumuskan.

Sementara, Puluhan ribu orang demonstran Palestina yang marah menuntut pembalasan atas pembunuhan komandan kelompok Hamas oleh tentara Israel. Demonstrasi itu terjadi hari Sabtu di kota Gaza, ketika diadakan pemakaman Ibrahim Al-Maqadma yang tewas bersama tiga orang pengawalnya di jalur Gaza. Tokoh Hamas itu tewas ditembak dengan roket oleh helikopter meriam Israel. Kata jurubicara Hamas, kelompoknya akan melancarkan apa yang disebut sebagai tahapan baru dalam perang melawan orang Yahudi.

Kata Israel, Al-Maqadma adalah otak dibalik serangan-serangan terroris, termasuk serangan atas sebuah tank Israel di Gaza bulan lalu yang menewaskan empat orang tentara Israel.

XS
SM
MD
LG