Tautan-tautan Akses

Mencari Kambing Hitam di Tahun Kambing - 2003-01-07


Seorang pendengar belum lama ini berkilah tentang situasi Indonesia di awal tahun Kambing ini. “Kalau di Indonesia setelah tahun baru kita dihadiahi kenaikan harga,” tanyanya, “Bagaimana keadaannya di Amerika?”

Memang, masa ini bukan masa yang menggembirakan di Indonesia. Selain berdampak langsung kepada kelangsungan hidup masyarakat sehari-hari, kebijakan baru ini juga telah membawa efek domino bagi kalangan pengusaha.

Seperti misalnya apa yang terjadi pada Matahari, salah satu perusahaan retailer terbesar di Indonesia. Perusahaan ini kini mengurungkan niat untuk membuka tujuh department store dan tujuh toko serba ada baru. Kepada Dow Jones (6/1/03), juru bicara Matahari, Danny Konjongian berkata ketetapan pemerintah untuk menaikkan harga barang akan meningkatkan biaya operasi dan pada akibatnya mempengaruhi penjualan tahun ini.

Tapi kegelisahan yang sama juga terasa di Amerika.

Setelah melewati tahun 2002 dengan berlanjutnya perang anti-terorisme dan belum menguatnya perekonomian, masyarakat Amerika memulai tahun yang baru ini dengan usaha perbaikan lintas sektor, setidaknya untuk menjaga agar ekonomi berjalan secara progresif.

Tahun 2003 diawali dengan pengumuman perusahaan telekomunikasi AT&T untuk memutuskan hubungan kerja dengan 3.500 karyawannya di tingkat manajemen. Angka yang hampir setara dengan 5 persen total pegawainya, demikian laporan harian Chicago Tribune (6/1/03). Penyebabnya adalah kegagalan investasi perusahaan itu di Amerika Latin.

Daya beli masyarakat juga belum sekuat tahun-tahun sebelumnya. Di saat industri film mengalami kenaikan jumlah penonton, industri musik melaporkan penuruan dalam penjualan rekaman. Layanan penelitian Nielsen SoundScan mengeluarkan data yang menunjukkan penurunan sebesar 10.7 persen menjadi $681 juta, dibandingkan penjualan tahun lalu. Selain mengakui lemahnya kondisi ekonomi, kepada Nekesa Mumbi Moody dari harian Chicago Sun-Times, pimpinan Nielsen SoundScan, Hillary Rosen, juga menyalahkan kemampuan pengguna komputer untuk men-download musik dari Internet secara ilegal.

Dari sepanjang Pantai Timur sampai bagian Midwest Amerika dilaporkan peningkatan harga gas natural untuk pemanas, akibat parahnya musim dingin tahun ini, seperti hasil liputan harian Minnesota Star Tribune (6/1/03). Seiring naiknya harga minyak mentah akibat konflik di Timur Tengah dan Venezuela, banyak industri energi di Amerika yang memilih beralih ke gas natural. Sesuai prinsip ekonomi, harga unsur esensial itu pun naik, dan pada akhirnya menyusahkan warga.

Jadi ini memang masa yang sulit. Tapi tidak pernah salah untuk berharap dan berusaha. Karena tahun ini baru bermula. Karena jalan masih panjang.

XS
SM
MD
LG