Tautan-tautan Akses

RESOLUSI TAHUN BARU <br></br>Oleh: Irawan Nugroho - 2002-12-23


Tahun 2003 hanya tinggal beberapa momen lagi. Waktu terasa berjalan begitu cepat. “Time flies,” kata banyak orang yang memang super sibuk. Bagi mereka, waktu bukan lagi berjalan, tapi “terbang” dengan begitu cepat, meninggalkan mereka yang lebih banyak membuang-buang waktu. Kembali ke teori relativitas Albert Einstein, waktu memang relatif. Bisa terasa cepat bagi sebagian orang, bisa berjalan begitu lamban bagi yang lainnya.

Pergantian tahun adalah suatu hal yang rutin terjadi, yang menjadi bagian dari hidup kita dari waktu ke waktu. Pergantian masa ini akan menjadi suatu rutinitas yang tidak akan membawa arti jika dilewatkan begitu saja tanpa suatu resolusi, rencana, atau komitmen. Pernahkah kita duduk sejenak, merenung untuk memikirkan hal ini? Mampukah kita melakukan perubahan pada satu tahun ke depan?

Terkadang banyak sekali godaan untuk melakukan banyak hal dalam satu tahun ke depan. Muncul semangat yang begitu besar untuk meraih begitu banyak target yang belum pernah atau belum berhasil dicapai di tahun-tahun sebelumnya. Kesuksesan mungkin juga bisa diraih dari seberapa besar komitmen kita untuk mencapai hal itu. Banyak orang yang menyusun daftar resolusi tahun baru mereka yang begitu panjang. Ada juga yang hanya memasukkan satu atau dua poin.

Apa resolusi Anda di tahun 2003? Membeli rumah baru? Membeli mobil baru? Kembali melanjutkan sekolah? Menikah? Mempunyai anak? Berhenti merokok? Menurunkan berat badan? Menulis buku atau otobiografi? Mencari pekerjaan baru? Melakukan perjalanan keliling dunia? Bisa Anda lanjutkan sendiri…

Namun, para pakar pengembangan pribadi mengingatkan, jangan mencoba untuk meraih berbagai resolusi dalam satu tahun. Anda lebih baik meraih satu atau dua resolusi daripada gagal meraih 10 resolusi sekaligus. Jika memungkinkan, maka Anda bisa menambahkan resolusi baru pada saat tahun berjalan.

Menurut para pakar, setelah menetapkan resolusi Anda, cobalah untuk menjabarkan resolusi itu dalam beberapa poin, Perlu diingat bahwa tidak ada yang mampu meraih kesuksesan dengan gemilang dengan melakukan berbagai hal sekaligus. Rencana tahun baru Anda tidak perlu terlalu muluk-muluk. Membeli komputer baru dan menguasai berbagai program didalamnya sudah menjadi satu kemajuan berarti dalam pengembangan diri Anda.

Jika Anda telah memutuskan suatu resolusi, tuliskan rencana Anda itu dengan berbagai langkah pentingnya. Tempelkan catatan itu di depan pintu kamar Anda, di ruang makan, di pintu kulkas, di ruang kerja, kantor, atau tempat lainnya yang Anda akan lihat. Itu artinya kita akan selalu teringat dengan resolusi yang harus kita capai tahun ini. Selama tahun berjalan, bisa Anda rubah kata-kata resolusi atau rencana itu. Mungkin saja satu rencana telah tercapai sebelum tahun itu berakhir. Waktu memang akan terus berjalan, sejalan dengan perubahan tujuan dan cita-cita Anda.

Selamat tahun baru, semoga sukses.

Salam dari Washington, Irawan Nugroho

XS
SM
MD
LG