Tautan-tautan Akses

Film-film Buatan Indian Amerika - 2002-12-13


Bulan November yang lalu adalah Bulan Perayaan Sejarah dan Budaya Bangsa Indian. Bangsa Indian telah sejak lama ditampilkan dalam film film Amerika. Namun, mereka sering ditampilkan dalam cara yang keliru. Mereka biasanya diketengahkan sebagai sahabat setia orang kulit putih, atau sebagai musuh orang kulit putih, atau sebagai tokoh spiritual yang membimbing orang kulit putih. Biasanya, orang India sendiri tidak pernah menulis, menjadi sutradara atau menjadi pemeran utama dalam film. Namun sekarang keadaan berubah.

Beberapa sutradara Indian mulai membuat film mereka sendiri mengenai budaya dan tradisi mereka. Chris Eyre, seorang Indian suku Cheyene Arapaho, memimpin gerakan itu. Film yang dibuatnya pada tahun 1998 berjudul Smoke Signals memperoleh beberapa penghargaan dalam Festival Film Sundance. Perusahaan film Miramax membeli film itu, dan menayangkannya di seluruh Amerika. Film itu mendatangkan pemasukan enam juta dolar.

Smoke Signals adalah cerita mengenai dua orang Indian yang melakukan perjalanan untuk mengumpulkan tulang belulang ayah salah satu orang itu. Kedua orang tadi ingin menunjukkan bahwa bangsa Indian sama saja dengan bangsa bangsa lain. Mereka lucu, sedih, aneh dan menarik. Film itu dibuat berdasar sebuah cerita pendek yang ditulis oleh Sherman Alexie, seorang Indian.

Sherman Alexie juga menulis dan menyutradarai sebuah film Indian lain yang dirilis tahun ini. Film itu berjudul The Business of Fancydancing, mengisahkan dua orang anak lelaki yang dibesarkan di Suaka Indian Spokane, negara bagian Washington. Keduanya berpisah sebelum kuliah. Beberapa tahun kemudian, mereka bertemu dalam suatu pemakaman.

Film Indian yang mungkin paling mengejutkan tahun ini hampir seluruhnya menggunakan dialog dalam bahasa Inuit. Film sepanjang hampir tiga jam itu berjudul The Fast Runner. Ini adalah film pertama yang ditangani Zac Kunuk, dan syuting dilakukan di Kutub Utara. Semua aktor dan kru film adalah bagsa Indian Inuit.

Sebagaimana film film Indian yang dibuat belum lama ini, The Fast Runner bertujuan mengubah pendapat orang mengenai bangsa Indian. Para sutradara Indian berusaha mengedukasi orang mengenai budaya dan adat mereka. Mereka ingin mengubah pandangan orang mengenai citra bangsa Indian, yang diciptakan oleh para pembuat film Hollywood.

XS
SM
MD
LG