Tautan-tautan Akses

PM Taiwan Tiba di Panama Menggalakkan Hubungan Diplomatik - 2002-08-09


PM Taiwan telah tiba di Panama – persinggahan ke dua dalam lawatannya ke Amerika Latin untuk menggalakkan hubungan perdagangan dan diplomatik.

Kantor berita Prancis menyebutkan PM Yu Shyi-Kun dan Wakil Presiden ke-2 Panama, Dominador Bazan, akan menandatangani persetujuan perdagangan bebas. Yu juga dijadwalkan menghadiri peletakan batu pertama pembangunan rumahsakit yang disponsori Taiwan di Panama.

PM Yu tiba di Kota Panama setelah kunjungan 2 hari di Haiti, di mana ia membahas sebuah rencana Taiwan untuk mendirikan sebuah pabrik topi senilai 6 juta dolar di Haiti. Operasi tsb akan dapat memberikan 2000 lowongan kerja bagi negara Karibia yang miskin itu.

Panama dan Haiti merupakan dua di antara 27 negara di dunia yang memiliki hubungan hubungan diplomatik dengan Taiwan. Sebagian besar dari negara-negara itu adalah negara-negara kecil dan miskin di Afrika, Amerika Tengah dan kawasan Karibia.

Cina menganggap pulau yang otonom itu adalah propinsi yang membangkang. AS dan sebagian besar negara di dunia tidak mengakui pemerintahan di Taipei.

Lawatan PM Yu itu juga mencakup kunjungan ke Costa Rica dan Belize.

XS
SM
MD
LG