Tautan-tautan Akses

Aksi Kekerasan di Lagos Berakhir - 2002-02-06


Tentara Nigeria bergerak menuju sejumlah wilayah di dalam kota Lagos untuk mengakhiri konflik etnis yang telah menewaskan sedikitnya 100 orang dan kerusakan serta terbakarnya sejumlah besar rumah.

Para saksi mengatakan, suasana rusuh mulai mereda di Lagos Selasa kemarin setelah pasukan bersenjata lengkap mematroli jalan-jalan kota itu. Di beberapa tempat, pasukan tersebut memerintahkan penduduk untuk berjalan dengan tangan di atas kepala mereka untuk menunjukkan bahwa mereka tidak bersenjata. Sekolah-sekolah dan sejumlah toko tetap tutup Selasa kemarin.

Para pejabat mengatakan, pertikaian tersebut pecah Sabtu lalu antara penduduk wilayah utara yang mayoritas Muslim, dari suku Hausa dan warga Kristen dari suku Yoruba yang sebagian juga penganut animisme di sebelah selatan. Kedua etnis ini bertikai dengan senjata dan parang serta senjata-senjata lainnya. Mereka membakar bangunan-bagunan di kota tersebut. Masih belum jelas apa yang menyebabkan pertikaian tersebut. Aksi kekerasan tersebut telah memaksa ratusan orang mengungsi dari rumah mereka.

Konflik etnis ini sangat memukul Nigeria, yang masih berduka setelah tewasnya sedikitnya 1000 orang akibat ledakan yang terjadi di gudang bahan peledak di Lagos pekan lalu.

XS
SM
MD
LG