Tautan-tautan Akses

Bush Ajukan Dana 1,1 Milyar Dollar Untuk Perangi Anthrax dan Serangan Biologi - 2001-10-15


Pemerintahan Bush merencanakan untuk minta Kongres AS dana sebesar 1,1 milyar dolar untuk memerangi ancaman serangan biologi. Sebagian dari uang itu akan digunakan untuk membeli antibiotik - cukup untuk merawat 12 juta orang dalam 60 hari, jadi 6 kali dari persediaan sekarang. Pemerintah juga menghendaki lebih banyak vaksin cacar. Perkembangan ini terjadi sementara timbul keprihatinan mengenai semakin banyaknya kasus yang terkena anthrax. Hari Minggu kemarin, 3 orang lagi dinyatakan positif terkena bakteri anthrax di kota New York, sehingga jumlah yang terkena anthrax di seluruh AS menjadi 12 orang. Satu orang sedang menjalani perawatan athrax kulit, jenis yang kurang berbahaya, dan diduga akan sembuh samasekali. Korban yang lain meninggal karena athrax awal bulan ini.

Di Australia, pemerintah bersikap semakin waspada karena khawatir terhadap serangan biologi teroris, berkenaan dengan laporan-laporan terjadinya insiden anthrax di AS. Konsulat AS di kota Melbourne, Australia selatan, untuk sementara dikosongkan sesudah datangnya sepucuk surat yang mencurigakan, diduga berisi bahan kimia yang tidak diketahui jenisnya. Senin ini polisi mengatakan, surat tadi ternyata tidak berbahaya dan para petugas kembali ke konsulat setelah 45 menit. Kejadian serupa juga terjadi Senin ini di kantor suratkabar Melbourne, kantor perpajakan di ibukota, dan kantor pos di Sydney, kota terbesar di Australia. Perdana Menteri Negara-bagian New South Wales Bob Carr mengatakan, handaknya diambil setiap langkah pencegahan, tetapi mendesak masyarakat supaya jangan panik.

Sementara di Inggris, Polisi Inggris yang ketakutan terhadap ancaman serangan senjata biologi teroris di gereja -- Cathedral Canterbury -- yang bersejarah ternyata tidak beralasan, dan bubuk putih yang didapati di salah satu kapel tidak berbahaya. Cathedral itu , salah satu bangunan tertua di Inggris, dikosongkan dalam misa tengah hari Minggu sesudah ditemukan bubuk tadi. Khawatir kalau-kalau bubuk tadi mengandung bakteri anthrax, para petugas darurat mengenakan pakaian proteksi dalam operasi pembersihan.

XS
SM
MD
LG