Tautan-tautan Akses

Reaksi Negara-negara Asia Atas Serangan Udara Sekutu - 2001-10-10


Cina menyatakan pihaknya menduga KTT Asia Pasifik pekan depan akan difokuskan pada perang global menentang terorisme.

Pertemuan para anggota forum APEC di Shanghai, tanggal 20 sampai 21 Oktober, akan merupakan pertemuan internasional terbesar yang pertama sejak serangan-serangan 11 September di Amerika. Ini juga akan merupakan pertemuan politik internasional terbesar yang pernah dilangsungkan di Cina.

Presiden Jiang Zemin telah mengirim surat kepada semua pemimpin APEC, yang mendesak mereka mendukung pernyataan kontra-terorisme sewaktu pertemuan itu.

Sementara itu, Cina telah menempatkan tentara tambahan di perbatasannya dengan Afghanistan dan Pakistan, dan menutup daerah itu bagi orang asing.

Perdana Menteri Jepang Junichiro Koizumi mengatakan negaranya bermaksud menghadapi isu anti-terosime dengan kebulatan tekad. Perdana Menteri Kozumi berbicara di depan parlemen hari Selasa – sehari sebelum perdebatan legislatif mengenai perluasan peranan militer untuk menyediakan bantuan logistik bagi pasukan pimpinan Amerika.

Korea Utara hari Selasa mengemukakan tanggapan resmi pertama atas serangan sekutu terhadap tempat-tempat yang disangka basis teroris di Afghanistan. Kementerian Luar Negeri di Pyongyang mengutuk serangan udara itu, dengan mengatakan serangan demikian berisiko membuat dunia terperosok ke peperangan lagi. Tetapi kementrian itu juga menandaskan kutukan Korea Utara terhadap terorisme.

Pemerintah Birma menutup sementara sekolah-sekolah yang disponsor Amerika di Rangoon. Penjagaan keamanan juga telah ditingkatkannya di beberapa kedutaan asing, termasuk kedutaan Amerika, Inggris dan Israel. Semua masjid di negara yang penduduknya beragama Buddha itu dikabarkan diawasi secara cermat.

XS
SM
MD
LG