Tautan-tautan Akses

Taleban Diperingatkan Akan Diserang, 50 Rekening Bank Dibekukan - 2001-10-02


Pejabat teras Amerika, Inggris dan Pakistan memperingatkan penguasa Taleban di Afghanistan mereka akan menghadapi serangan militer yang melumpuhkan karena melindungi tersangka utama serangan teroris 11 September, Osama bin Laden. Menlu Amerika Colin Powell mengatakan persiapan militer sedang berlangsung disekitar Afghanistan yang akan mampu menjatuhkan penguasa Taleban. Menhan Amerika Donald Rumsfeld mengatakan gerakan militer Amerika semakin mendekat saja waktunya. Dalam pidato yang akan disampaikannya hari ini, PM Inggris Tony Blair, menurut para pembantunya, akan memperingatkan bahwa aksi militer besar-besaran terhadap Taleban tidak bisa dihindarkan karena mereka menolak menyerahkan Osama bin Laden. Melalui radio Inggris hari Senin, Presiden Pakistan Pervez Musharraf mengatakan tampaknya Amerika akan melakukan gerakan dalam waktu dekat. Menurut Presiden Musharraf, situasi ini telah disampaikannya pada penguasa Taleban. Pakistan merupakan satu-satunya negara yang mengakui pemerintahan Taleban, namun Pakistan juga berjanji untuk bekerja sama dengan Amerika dalam perang melawan terorisme.

Laporan berbagai media mengatakan kapal induk Amerika Kitty Hawk telah meninggalkan posnya di Jepang untuk bergabung dengan kekuatan militer Amerika lainnya dalam rangka perang melawan terorisme. Laporan itu mengutip pejabat Pertahanan Amerika yang tidak mau disebut namanya yang mengatakan grup tempur ini bergerak menuju laut Arab dan akan digunakan oleh pasukan Amerika untuk operasi-operasi yang khusus. Tampaknya landasan kapal induk itu akan menjadi pangkalan helikopter untuk mengangkut pasukan elite Amerika. Tiga kapal induk Amerika lainnya sudah berada atau masih dalam perjalanan ke Teluk Persia atau Laut Arab, dan menurut rencana mereka akan melakukan serangan terhadap Afghanistan dari sana. Ketiga kapal induk itu mengangkut lebih dari 200 pesawat tempur.

Sementara, Pejabat Deplu Amerika mengatakan Washington sedang menyajikan bukti-bukti keterlibatan Osama bin Laden dalam serangan teroris 11 September kepada sekutu-sekutunya. Menurut mereka, pemerintahan Bush mengirim beberapa informasi rahasia pada beberapa kedubesnya pada hari Senin. Dengan demikian mereka akan bisa menyajikan bukti-bukti itu pada sekutu Amerika. Perkembangan ini datang selagi Presiden Bush melaporkan kemajuan dibeberapa front dalam usaha melawan terorisme. Termasuk disini usaha untuk membekukan uang yang dipakai para teroris untuk melakukan serangan. Menurut Presiden Bush lima puluh rekening bank yang ada kaitannya dengan jaringan Al Qaida yang dimiliki Osama bin laden telah dibekukan, 30 rekening di Amerika, sedang 20 lainnya di luar negeri. Menurut Presiden langkah ini memblokir akses Osama bin Laden pada uang senilai enam juta dolar.

XS
SM
MD
LG