Tautan-tautan Akses

AS Akan Paparkan Bukti-Bukti Keterlibatan Osama bin Laden - 2001-09-24


Pejabat-pejabat Amerika mengatakan Washington akan menunjukkan bukti bahwa Osama bin Laden bertanggung-jawab atas serangan teror 11 September di Amerika Serikat. Menteri Luar Negeri Amerika Colin Powell mengatakan di televisi Amerika hari Ahad (23/9) pemerintahan Bush akan membuka di depan dunia apa yang ia sebut "kasus yang persuasif" bahwa Osama bin Laden dan organisasinya Al Qaeda berada di belakang serangan itu. Sementara itu, harian Washington Post melaporkan empat sampai lima kelompok Al Qaeda beroperasi di Amerika selama beberapa tahun terakhir ini. Tetapi, berita yang mengutip sumber pejabat pemerintah yang tidak disebut namanya itu mengatakan para penyelidik masih harus menemukan hubungan antara kelompok-kelompok ini dan 19 pembajak yang terlibat dalam serangan di New York dan Washington itu. Sementara itu pejabat senior Amerika telah menolak pernyataan penguasa Taleban di Afghanistan bahwa mereka tidak tahu dimana Osama bin Laden berada. Lawan dari Taleban di Afghanistan mengatakan Osama kemungkinan bersembunyi di propinsi Oruzgan sekitar 100 km sebelah Utara Kandahar. Kedutaan Amerika di Islamabad membenarkan berita bahwa tim militer Amerika sedang berada di Pakistan untuk membicarakan kerja sama dalam rangka memerangi terorisme yang diprakarsai Amerika.

Selanjutnya, Gedung Putih mengatakan Amerika tidak percaya laporan bahwa pejabat-pejabat Taleban yang berkuasa di Afghanistan tidak mengetahui dimana orang yang dituduh menjadi otak serangan teroris, Osama bin laden berada. Dalam wawancara televisi hari Ahad, Penasihat Keamanan Nasional Amerika Condoleeza Rice memperingatkan para penguasa Afghanistan mereka akan menghadapi hantaman koalisi internasional yang semakin besar, jika mereka tidak menyerahkan Osama bin Laden. Ia menjadi tersangka utama dalam serangan teroris 11 September terhadap World Trade Center dan Pentagon yang mengakibatkan banyak korban. Sementara itu di Afghanistan, Persekutuan Utara yang anti Taleban mengatakan Osama bin Laden mungkin bersembunyi di provinsi Oruzgan - daerah bergunung-gunung 100 kilometer di utara Kandahar di Afghanistan Tengah. Pertempuran hebat antara pasukan persekutuan dan Taleban memasuki hari ketiga hari Ahad. Oposisi mengatakan menewaskan sekurang-kurangnya 60 pejuang Taleban dan merebut kota Zari di Afghanistan Utara. Belum ada konfirmasi dari pihak ketiga mengenai berita oposisi itu.

Sementara, ribuan warga New York melakukan acara berdoa bersama lintas agama di Stadion Yankee yang terkenal itu, mengenang para korban serangan teroris 11 September. Pemimpin-pemimpin berbagai agama di New York - termasuk Kristen, Islam dan Yahudi mengucapkan doa dan kata-kata menghibur dalam upacara hari Ahad itu. Wakil golongan Islam adalah tokoh Muslim Indonesia Syamsi Ali. Tokoh talk show Amerika Oprah Winfrey dan aktor James Earl Jone memimpin upacara itu. Walikota Rudolph Giuliani, yang menjadi lambang upaya kota itu untuk bangkit lagi setelah penghancuran gedung-gedung World Trade Center, juga menghadiri upacara itu. Lebih dari 6.300 orang tercatat hilang dan kemungkinan tewas dalam serangan di New York. Sejauh ini jenazah 261 orang telah ditemukan.

XS
SM
MD
LG