Tautan-tautan Akses

Sidang Menlu Liga Arab: Barat dan Rusia Wajib Tekan Israel - 2001-09-10


Para Menlu Liga Arab hari Ahad memulai sidang regulernya di tengah kekerasan yang terus terjadi antara Israel dan Palestina. Menlu Qatar Sheikh Hamad bin Jassim bin Jabr Al-Thani mengecam serangan Israel terhadap sasaran-sasaran Palestina di Tepi Barat dan menyerukan kepada masyarakat internasional agar melindungi rakyat Palestina. Sheikh Hamad mengatakan serangan-serangan itu mengungkapkan wajah pemerintah Israel yang sesungguhnya, yang ia katakan menolak perdamaian dan menggunakan penindasan dan kekerasan yang ekstrim terhadap rakyat Palestina. Sekretaris Jenderal Liga Arab Amr Moussa mengatakan AS, Rusia dan Eropa mempunyai kewajiban moral untuk memberi tekanan terhadap Israel agar menyesuaikan tingkah-lakunya dengan hukum internasional dan memberikan perlindungan kepada rakyat Palestina. Organisasi yang beranggotakan 22 negara itu dijadwalkan akan mengakhiri sidang dua harinya hari Senin ini.

Sementara, Presiden Rusia Vladimir Putin sekali lagi mengirim utusan khususnya ke Timur Tengah sementara Moscow meningkatkan prakarsa diplomatiknya di kawasan itu. Andrei Vdovin melakukan perjalanan ke-empatnya ke Timur Tengah dalam waktu tiga bulan ini. Ia merencanakan akan mengunjungi Israel, Yordania dan Mesir untuk mendesak dilaksanakannya laporan Mitchell, rencana langkah internasional yang diperlukan untuk mencapai perdamaian. Rusia adalah sponsor bersama proses perdamaian, di samping Amerika Serikat. Pekan yang lalu ini, PM Israel Ariel Sharon dan seorang perunding senior Palestina mengunjungi Moscow, meskipun tidak pada waktu yang sama. Juga ada indikasi bahwa pemimpin Palestina Yasser Arafat mungkin akan segera berkunjung ke Moscow.

Berita terakhir melaporkan pesawat-pesawat helikopter Israel menyerang sasaran-sasaran keamanan Palestina setelah terjadi pengeboman jibaku maut di Israel dan insiden penembakan di wilayah Palestina. Pesawat-pesawat helikopter itu menyerang kota-kota Jericho, Ramallah, Nablus dan dekat Jenin. Sebelumnya hari Ahad, dua pengebom jibaku, sebuah serangan Palestina terhadap sebuah van yang membawa guru-guru sekolah Israel di Tepi Barat dan serangan Israel di Gaza menewaskan sekurang-kurangnya delapan orang dan mencederai puluhan lainnya. Israel menuduh seorang pria Israel keturunan Arab menjadi pengebom jibaku itu di sebuah stasiun kereta api di kota pantai Nahariya di Israel Utara. Kekerasan pecah sementara pejabat-pejabat Palestina yang bertemu di Kairo memperdebatkan apakah Presiden Palestina Yasser Arafat sebaiknya bertemu pekan ini dengan Mentri LN Israel Shimon Peres.

XS
SM
MD
LG