Tautan-tautan Akses

Xanana Gusmao Akhirnya Bersedia Ikut Pencalonan Presiden - 2001-08-25


Tokoh kemerdekaan Timor Timur Xanana Gusmao hari ini mengumumkan akan mencalonkan diri dalam pemilihan presiden Timor Timur tahun depan. Gusmao mengatakan, ia akan menerima pencalonan dengan syarat bahwa semua partai politik Timor Timur mau menerima hasil pemilihan Kamis depan untuk membentuk pemerintah baru.

Pekan depan rakyat Timor Timur akan memilih 88 orang anggota Dewan Pengawas yang akan merancang konstitusi dan menetapkan tanggal pemilihan presiden. Dewan itu kemudian akan menjadi parlemen pertama Timor Timur.

Selama ini, Gusmao berulangkali mengatakan, ia tidak ingin menjadi presiden pertama Timor Timur dan lebih suka menjadi petani atau fotografer. Ketika mengumumkan kesediaannya hari inipun ia mengatakan, ia merasa dirinya bukan calon terbaik untuk menjadi presiden.

Para tokoh kemerdekaan lain, termasuk pemenang Hadiah Nobel Perdamaian Jose Ramos Horta, selalu menghimbau agar Gusmao bersedia menjadi presiden, karena yakin bahwa Gusmao adalah satu-satunya tokoh yang dapat mempersatukan Timor Timur.

XS
SM
MD
LG