Tautan-tautan Akses

Lagi Misil Israel Hantam Rumah Warga Palestina, Hanan Ashrawi Tuduh AS Lepas Tangan - 2001-08-20


Enam warga Palestina tewas dalam kekerasan di Tepi Barat dan Jalur gaza. Pejabat-pejabat Palestina mengatakan seorang aktivis Palestina Samir Abu Zeid beserta anak laki-lakinya yang masih kecil dan seorang anak perempuannya yang masih kecil tewas Ahad malam setelah misil Israel menghantam rumahnya di Rafah, Jalur gaza. Tetapi pihak militer Israel menyangkal adanya serangan misil, mengatakan orang-orang Palestina menembakkan mortir yang tidak mengenai sasaran, tetapi mengenai rumah warga Palestina itu sendiri. Pihak Palestina mengatakan sebuah misil Israel menghantam sebuah rumah di timur Rafah di Jalur Gaza. Sebelumnya, tentara Israel menewaskan dua warga Palestina dalam kekerasan terpisah di Jalur Gaza dan Tepi Barat. Dalam serangan lain, helikopter-jelikopter Israel melepaskan misil ke sebuah pos keamanan Pasukan 17 Palestina di Jalur Gaza.

Israel mengatakan serangan itu adalah pembalasan terhadap tembakan mortir Palestina ke sebuah perkampungan Yahudi di daerah itu, yang melukai seorang Israel. Sementara itu, PM Israel Ariel Sharon mengatakan pemerintahnya sedang melakukan operasi komando rahasia untuk melindungi orang-orang Israel dari ancaman pengebom-pengebom Palestina. Helikopter-helikopter Israel melepaskan tembakan misil ke sebuah pos keamanan Palestina Pasukan 17 di Jalur Gaza.

Sebelumnya hari Ahad (19/8), tentara Israel menewaskan dua orang Palestina dalam serangan di Gaza dan tepi Barat. Sementara itu, PM Israel Ariel Sharon mengatakan pemerintahnya terlibat dalam operasi komando rahasia untuk melindungi Israel terhadap ancaman pengebom-pengebom Palestina. Dalam komentar lain hari Ahad, Mentri Luar Negeri Israel Shimon Peres mengatakan dalam televisi Amerika ia ingin babak baru perundingan perdamaian, tetapi mengulangi sikap Israel tetap bahwa kekerasan harus dihentikan terlebih dulu.

Sedangkan di televisi Amerika, anggota parlemen Palestina terkemuka Hanan Ashrawi menuduh AS mengambil pendakatan "lepas tangan" untuk menyelesaikan krisis Timur Tengah. Ia mengatakan pengaruh Amerika di kawasan itu menurun akibat pendekatan seperti itu.

XS
SM
MD
LG