Tautan-tautan Akses

Dua Orang Palestina Tewas, Shimon Peres Siap Rundingkan Gencatan Senjata Baru Dengan Palestina - 2001-08-19


Para pejabat rumah sakit Palestina mengatakan, dua orang warga Palestina tewas dalam bentrokan dengan tentara Israel hari ini. Dikatakan, satu orang ditembak tewas oleh tentara Israel di dekat Nablus, Tepi Barat, dimana sekelompok warga Palestina berusaha menghindari halang rintang. Seorang pemuda Palestina dalam kawanan yang melempari tentara Israel dengan batu, kabarnya ditembak tewas di Rafah, Jalur Gaza.

Sementara itu, Menlu Israel Shimon Peres mengatakan kepada media Israel, kontak-kontak dengan Palestina berlangsung dalam berbagai tingkat untuk menghentikan kekerasan. Peres dikutip mengatakan, ia siap bertemu dengan pemimpin Palestina Yasser Arafat untuk membahas usaha baru bagi gencatan senjata setelah gagalnya perjanjian yang dicapai bulan Juni lalu.

Seorang pejabat Palestina mengatakan, pengungkapan berlangsungnya kontak Israel terhadap Palestina itu bertujuan untuk mengelabui dunia internasinal bahwa telah dicapai kemajuan, untuk meredakan kecaman internasional terhadap Israel.

Sabtu kemarin (18/8), Israel menembakkan misil-misil ke posisi keamanan Palestina di Jalur Gaza, setelah Palestina menembakkan tujuh mortir ke sebuah permukiman Yahudi. Tembakan Israel melukai seorang bayi Palestina di pos pemeriksaan dekat kota Nablus. Pasukan Israel di pos itu kabarnya melepaskan tembakan ke arah sebuah taksi yang ditumpangi seorang ibu dan bayinya.

Empat ribu warga Palestina berkumpul Sabtu kemarin di kamp itu, menghadiri pemakaman seorang pria yang tewas dalam bentrokan malamnya dengan pasukan Israel. Para pelayat yang marah meneriakkan slogan-slogan pembalasan terhadap Israel dan Perdana Menteri Ariel Sharon.

XS
SM
MD
LG