Tautan-tautan Akses

Tentara Israel Masuk Jalur Gaza, Mesir dan AS Akhiri Pembahasan Israel-Palestina - 2001-08-18


Para pejabat Palestina mengatakan, pasukan Israel masuk ke sebuah kota Palestina di Jalur Gaza pagi tadi, menewaskan satu orang dalam tembak menembak. Diberitakan, 10 orang warga Palestina cedera dalam bentrokan itu, tiga di antaranya luka berat. Israel mengatakan, pasukannya mengejar sebuah kelompok teroris Palestina yang berencana melakukan serangan.

Sementara itu, penasihat kebijakan luar negeri Mesir, Osama El-Baz, telah mengakhiri pembicaraan dengan para pejabat Amerika di Washington. Ia mengatakan, ia yakin dapat dilakukan pengaturan dalam beberapa hari ini untuk mendorong Israel dan Palestina ke arah pelaksanaan sebuah rencana perdamaian. Kemarin diberitakan, Mesir dan Amerika Serikat telah membahas cara meredakan konflik Israel-Palestina - dan seorang sejabat senior Mesir mengatakan sejumlah gagasan mungkin diungkapkan dalam beberapa hari ini. Penasehat kebijakan luar negeri Osama El-Baz mengatakan hal itu setelah melakukan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Amerika Colin Powell di Washington. El-Baz mengatakan ia percaya "rancangan tertentu" dapat disiapkan untuk mendorong Israel dan pihak Palestina melaksanakan rencana Mitchell. Rancangan itu menganjurkan masa pendinginan, langkah-langkah pembangunan rasa saling-percaya dan kembali ke meja perundingan. Seorang pejabat Amerika mengatakan, Menteri Luar Negeri Powell menekankan pentingnya mendesak pemimpin Palestina Yasir Arafat untuk melakukan upaya maksimum mengakhiri tindak kekerasan.

Dalam pada itu, Dewan Keamanan PBB hari Senin akan membuka perdebatan lagi mengenai krisis Timur Tengah, namun hasil perdebatan itu disangsikan. Dengarkan laporan wartawan VOA, Breck Ardery langsung dari markas PBB di kota New York (RealPlayer audio file).

XS
SM
MD
LG