Tautan-tautan Akses

Setelah Menyerang Kota Jenin, Tentara Israel Bergerak Menuju Kota-Kota Palestina Lainnya - 2001-08-15


Pasukan angkatan darat Israel bergerak lagi di Tepi Barat, menuju kota-kota Beit Sahour dan Beit Jalla yang diperintah Palestina. Gerakan itu berlangsung beberapa jam setelah orang-orang bersenjata Palestina di Beit Jalla menembak ke arah permukiman Yahudi, Gilo yang terletak di dekatnya.

Sebelumnya hari Selasa, pasukan angkatan darat Israel memasuki kota Jenin di Tepi Barat dan meratakan gedung-gedung markasbesar kepolisian Palestina. Angkatan Darat Israel mengatakan operasi malam hari itu adalah dalam menanggapi serangan pengeboman dengan bunuh diri yang dikaitkan dengan kaum militan yang menurut Israel berpangkalan di Jenin.

Terakhir dilaporkan tentara Israel telah membunuh seorang aktivis Palestina di tepi barat, dan telah terjadi pengerahan pasukan Israel disekitar desa-desa Palestina dekat Jerusalem. Palestina mengatakan, seorang anggota faksi al Fatah telah ditembak oleh intelejen tentara Israel dekat rumahnya di Hebron. Para pejabat Palestina menyebut penembakan itu pembunuhan sengaja. Sumber militer Israel mengatakan, orang itu sedang dicari karena melakukan beberapa serangan terhadap tempat pemukiman Jahudi di Hebron.

Sementara itu, Presiden Bush telah menelpon pemimpin Palestina Yasir Arafat agar “mengawasi keras” para pelaku pengeboman bunuh diri Palestina. Presiden Bush juga mengatakan Israel seyogianya menunjukkan sikap lebih mengekang diri.

XS
SM
MD
LG