Tautan-tautan Akses

Presiden Megawati Minta Para Menteri Bekerjasama Atasi Krisis - 2001-08-10


Presiden Megawati Sukarnoputri telah melantik kabinet barunya dan menyerukan agar ke 30 menteri kabinet gotong royong bekerja sama untuk menyelamatkan negara dari krisis.

Dalam upacara di Istana Merdeka hari ini, Presiden Megawati juga minta dukungan dari 210 juta rakyat Indonesia. Menurut Megawati tugas utama pemerintahannya adalah memulihkan perekonomian Indonesia dan menyelamatkan kesatuan Indonesia dari ancaman kekerasan etnis dan agama.

Kemarin (Kamis, 9/8) Presiden Megawati mengumumkan kabinet yang didominasi para profesional non-partai yang menurutnya akan berusaha menarik negara itu keluar dari ambang perpecahan. Ia memerlukan waktu hampir tiga pekan untuk memutuskan susunan kabinetnya itu. Kabinet baru beranggota 30 menteri itu mendapat pujian dari sejumlah pengamat, sementara yang lain mengambil sikap tunggu dan lihat. Presiden Indonesia itu memilih mantan jenderal Susilo Bambang Yudhoyono yang dihormati banyak pihak sebagai menteri Koordinator Politik dan Keamanan. Ia merupakan salah satu dari enam anggota pemerintah baru yang sebelumnya dipecat atau mundur dari kabinet mantan Presiden Abdurrahman Wahid. Menteri Koordinator Perekonomian adalah Dorojatun Kuncoro-Yakti yang baru saja melepaskan jabatan sebagai dutabesar untuk Amerika Serikat. Presiden Megawati mengatakan tugas utama pemerintahnya adalah mengeluarkan Indonesia dari keterpurukan ekonomi dan mempertahankan persatuan di tengah kekerasan etnik dan agama.

XS
SM
MD
LG