Tautan-tautan Akses

GAO ZHAN BANTAH LAKUKAN SPIONASE - 2001-07-28


Ilmuwan keturunan Cina yang tinggal di Amerika, Gao Zhan, dengan tegas membantah tuduhan bahwa ia melakukan kegiatan mata-mata di Cina.

Gao Zhan mengatakan kepada harian Washington Post, sebelum ia ditahan bulan Februari lalu, ia mencari pekerjaan sebagai dosen di Cina supaya dapat memajukan proses demokrasi dan mendorong modernisasi Cina.

Ia mengatakan, sekarang ia menyadari bahwa pemerintah Cina dan Partai Komunis tidak ingin ilmuwan Cina melakukan kegiatan itu.

Gao Zhan mengatakan, setiap kali, ia diinterogasi selama 12 jam berturut-turut dan diberi ransum kentang dan kubis rebus. Menurutnya, polisi terutama ingin tahu kedudukannya dalam dewan pengurus Asosiasi Ilmuwan Cina bidang Ilmu Politik dan Kajian Internasional. Organisasi itu mendapat bantuan keuangan dari Taiwan.

Washington Post mengutip pengacara Gao Zhan mengatakan, sebagian besar bahan yang dikumpulkan selama riset yang dilakukan Gao Zhan adalah untuk 'penggunaan internal', atau publikasi yang dimaksudkan untuk sirkulasi terbatas di Cina.

Setelah melalui pengadilan satu hari Selasa lalu, Gao Zhang yang dijatuhi hukuman 10 tahun diberi izin berobat, dan ia kembali ke Amerika.

XS
SM
MD
LG