Tautan-tautan Akses

Negara Tetangga RI Hati-Hati Komentari Pergantian Kekuasaan - 2001-07-23


Negara-negara tetangga Indonesia di kawasan Asia-Pasifik memberikan reaksi dengan sangat harti-hati atas krisis impeacment terhadap presiden Indonesia.

Australia telah mengumumkan rencana darurat untuk mengungsikan lewat udara para warganya keluar dari Indonesia kalau keadaan politik yang tidak menentu itu memburuk menjadi kerusuhan. Warga Australia di Jakarta diperingatkan Senin dini hari ini agar menghindari kerumunan masyarkat dalam jumlah besar dan berwaspada terhadap ketegangan politik di Jakarta. Langkah-langkah darurat telah disiapkan untuk menjamin keselamatan 7 ribu warga Australaia di Jakarta dan sampai 10 ribu lainnya di pulau pariwisata Bali dan Lombok.

Jepang, salah satu kreditor terbesar Indonesia dan negara-negara donor pemberi bantuan, telah mengumandangkan seruan Australia agar Jakarta menghindari konfrontasi pertumpahan darah dalam pergolakan politik yang tidak menentu ini. Jurubicara Kementerian LN Jepang mengatakan, perdamaian di Indonesia sangat penting bagi kestabilan di kawasan Asia-Pasifik secara keseluruhan. Warga Jepang yang sedang melakukan perjalanan dinasehati supaya jangan pergi ke Jakarta kecuali kalau memang terpaksa.

Di Hanoi, pertemuan tahunan para menteri LN ASEAN telah dibayangi oleh pergolakan politik di Indonesia. Indonesia adalah anggota terbesar ASEAN dan paling tidak stabil. Para menteri itu telah mengeluarkan seruan supaya diwujudkan kestabilan, tetapi prinsip ASEAN untuk tidak campur tangan dalam masalah dalam negeri negara-negara anggotanya berarti bahwa mereka tidak akan membiarkan diri terlibat dalam usaha meredakan krisis itu.. Presiden Wahid telah memperingatkan bahwa impicmen terhadapnya akan menimbulkan kerusuhan masa dan terpecah-belahnya Indonesia.

XS
SM
MD
LG