Tautan-tautan Akses

Ilmuwan Amerika Diadili di Beijing Hari Selasa - 2001-07-21


Pengacara untuk Gao Zhan, ilmuwan wanita Amerika keturunan Cina yang ditahan di Cina atas tuduhan spionase, mengatakan, pengadilan akan dimulai hari Selasa, empat hari sebelum Menlu AS Collin Powell berkunjung ke Beijing.

Laporan media mengatakan, pemilihan waktu itu mungkin menunjukkan bahwa Cina tidak ingin pengadilan itu membayangi kunjungan Menteri Powell yang bertujuan membahas isu-isu hak asasi dan cara-cara meredakan ketegangan antara kedua negara.

Beberapa hari yang lalu, Amerika menyerukan agar Cina segera menyelesaikan kasus itu. Gao Zhan dituduh melakukan kegiatan mata-mata untuk Taiwan. Tuduhan itu dibantahnya.

Cina belum lama ini menyatakan bersalah ilmuwan Amerika keturunan Cina, Li Shaoimin, atas tuduhan spionase untuk Taiwan, dan ia diusir dari Cina.

Para pengacara Gao Zhan mengatakan, ia akan diadili di mahkamah yang menangani kasus Li Shaoimin. Gao Zhan menikah dengan seorang warganegara Amerika dan memiliki status sebagai penduduk tetap di Amerika. Ia ditangkap di Beijing bulan Februari lalu ketika sedang mengunjungi keluarganya. Gao adalah periset di Universitas Amerika.

XS
SM
MD
LG