Tautan-tautan Akses

12 Tewas Dalam Serangan di Kashmir - 2001-07-21


Para pejabat Kashmir India menuduh kaum muslim militan sebagai pelaku serangan terhadap jalur ziarah Hindu yang dijaga ketat, yang menewaskan 12 orang dan melukai 15 lainnya.

Pihak berwajib di Kashmir mengatakan, tiga orang peziarah dan dua orang polisi termasuk di antara yang tewas hari ini, ketika gerilyawan meledakkan dua bom dan melepaskan tembakan ke arah para peziarah di selatan Srinagar. Kegiatan ziarah dihentikan sementara dilakukan penyidikan.

Belum ada yang mengaku bertanggungjawab atas serangan itu, tetapi yang sudah-sudah, pelaku serangan seperti itu adalah kaum muslim militan. Ada laporan bahwa dua orang militan melancarkan serangan itu, dan satu di antaranya tewas tertembak.

Ratusan orang polisi merondai jalur peziarahan itu, di mana setahun sekali lebih dari 100 orang umat Hindu berziarah ke kuil Amarnath yang dipersembahkan untuk Dewa Siwa.

India menuduh Pakistan mendukung gerilyawan separatis Muslim di Kashmir. Kurang dari sepekan yang lalu, pertemuan puncak antara India dan Pakistan tidak dapat menyelesaikan perbedaan pendapat mengenai Kashmir.

XS
SM
MD
LG