Tautan-tautan Akses

Kapolri Bimantoro Tolak Jabatan Dubes Malaysia - 2001-07-02


Kapolri Jenderal Suroyo Bimantoro telah menolak tawaran Presiden Abdurrahman Wahid yang mengangkatnya menjadi Duta Besar untuk Malaysia.

Jenderal Bimantoro mengatakan pada jumpa pers di Jakarta, Senin ini, dia menghargai tawaran itu namun terpaksa harus menolaknya. Dia tidak memberikan keterangan lebih lanjut.

Jenderal Suroyo Bimantoro adalah diantara para pemimpin polisi dan militer Indonesia yang secara blak-blakan menolak ancaman presiden yang akan menyatakan keadaan darurat kalau parlemen berusaha untuk mengimpicnya. Presiden memberhentikan Jenderal Suroyo Bimantoro bulan lalu ketika dia tidak mau meletakkan jabatan sebagai bagian dari resafel kabinet. Dia dicopot, tetapi tidak mau mengundurkan diri, dengan mengatakan bahwa dia masih kepala polisi.

Namun, Senin ini dia mengatakan kepada para wartawan, bahwa dia sekarang menerima pemberhentian atas dirinya, karena perintah itu merupakan hak prerogatif presiden untuk mengangkat siapapun guna menduduki jabatan itu. Dia tidak bersedia mengatakan mengapa dia mengubah sikap.

Presiden menawarkan kedudukan diplomatik kepada jenderal itu dalam pidato hari Minggu untuk memperingati ulang-tahun ke-55 hari jadi angkatan kepolisian nasional.

XS
SM
MD
LG