Tautan-tautan Akses

Strategi Mazda Merebut Pasar Amerika - 2001-05-08


Grup otomotif Ford, selain Mazda, terdiri dari: Jaguar, Volvo, Land Rover, dan Aston Martin, disamping itu sudah tentu Ford, Lincoln, dan Mercury.

Menurut Presiden Direktur Mazda untuk Amerika Utara, Charlie Hughes, Mazda memperoleh keuntungan dari hubungannya dengan Ford. Mazda memperoleh akses ke produk-produk baru yang dikembangkan Ford. Bersama-sama, Mazda dan Ford telah mengembangkan sebuah SUV atau kendaraan serba guna yang dipasarkan dengan nama Tribute oleh Mazda dan Escape dibawah bendera Ford. "Pihak Ford telah menunjuk Mazda sebagai sebuah pusat keunggulan untuk teknologi mesin empat silinder. Disinilah pengembangan teknologi untuk semua mesin empat silinder dari Grup Otomotif Ford dipusatkan."

Majalah Automotive News, sebuah penerbitan industri otomotif, melaporkan bahwa Mazda juga akan mengembangkan platform atau kerangka mobil mid-size front wheel drive untuk dipakai oleh semua product line Grup Otomotif Ford. Dengan memanfaatkan hasil riset ini bersama-sama maka biaya pengembangan bisa ditekan seminimal mungkin. Menurut Analis Senior Auto Pacific - sebuah organisasi penelitian pasar di California, Jim Hossack, merk Mazda memiliki daya tarik tersendiri dibandingkan dengan mobil-mobil Jepang lainnya. "Penggemar Mazda pada umumnya terlibat secara lebih aktif dengan kendaraannya. Mereka lebih bersemangat dan lebih menyenangi kendaraannya dibandingkan dengan pembeli Nissan atau Toyota Camry."

Charlie Hughes setuju dengan pendapat ini, dan menambahkan bahwa citra seperti ini memiliki kaitan erat dengan sukses yang dicapai oleh Mazda. "Orang Amerika sangat senang dengan produk-produk Mazda oleh karena kami mengembangkan citra seperti yang mereka harapkan, yakni penggemar Mazda menuntut mobil yang memiliki disain yang stylish atau keren, nyaman untuk dikendarai, serta memiliki nilai jual yang bagus." Setelah mengalami jatuh bangun selama beberapa tahun, Mazda sekarang berusaha merebut kembali citra seperti itu. Mazda merencanakan untuk meng-introdusir 11 kendaraan baru, termasuk pengganti mobil sport Mazda yang terkenal dan dilengkapi dengan mesin rotary itu - Mazda RX 7. "Ini adalah Mazda RX 8 - yang bisa dikategorikan sebagai generasi mesin rotary berikutnya untuk Mazda." Mazda RX 8 merupakan sebuah sedan dengan empat pintu untuk empat penumpang dan dilengkapi dengan teknologi mesin rotary yang mutakhir serta mampu menghasilkan 250 daya kuda. Mobil seperti ini akan mampu menarik penggemar Mazda ke showroom kami, dan akan menciptakan sebuah atraksi yang akan menunjang penjualan jenis mobil-mobil Mazda lainnya.

Menurut Jim Hossack dari Auto Pacific, ia meragukan kemampuan Mazda untuk merebut pasar tanpa bantuan Ford untuk membiayai kampanye pemasarannya. Sebagai contoh ia menyebut kepemimpinan Ford ketika memasarkan Jaguar yang luar biasa suksesnya. "Semua ini membutuhkan waktu, dana, dan usaha keras. Kita saksikan bagaimana Ford telah berhasil membawa Jaguar kejenjang sukses. Diperlukan 10 sampai 12 tahun untuk itu, jadi diperlukan kesabaran pula."

Para eksekutif Mazda berharap, lewat penciptaan citra "enak untuk dikendarai" sambil menghindari kompetisi langsung terhadap Toyota dan Honda, Mazda akan mampu merebut kembali peluangnya dipasar mobil Amerika. *

XS
SM
MD
LG