Tautan-tautan Akses

Korban Gempa Chili yang Kelaparan Lakukan Penjarahan


<!-- IMAGE -->

Pihak berwenang Chili bergelut mengendalikan ketertiban dan penyaluran logistik di wilayah yang paling parah dilanda gempa hebat Sabtu lalu. Jumlah korban yang tewas sampai hari Senin meningkat menjadi 720 orang, sementara tim SAR terus berusaha mengeluarkan korban yang terperangkap dibawah di gedung-gedung yang runtuh.

Di Concepcion, kota yang paling dekat dengan pusat gempa yang berkekuatan 8,8 itu, penduduk yang selamat menjarah toko-toko makanan karena kelaparan. Polisi hari Senin menembakkan gas air mata untuk menghentikan penjarahan tersebut dan sebuah pasar swalayan terbakar.

Sejumlah warga Concepcion – kota kedua terbesar di Chili mengambil alih keamanan setempat dengan mendirikan penghalang jalan untuk memeriksa siapa saja yang memasuki kampung mereka. Puluhan orang ditangkap karena melanggar jam malam atau mencuri di kawasan Conception dan Maule.

Masyarakat internasional telah memobilisasi bantuan untuk Chili. Disamping makanan dan penampungan sementara, PBB mengatakan Chili memerlukan jembatan ponton, rumah sakit lapangan , perlengkapan komunikasi, peralatan cuci darah dan perlengkapan medis lainnya.

Menteri luar negeri Amerika Hillary Clinton akan singgah sebentar di Santiago hari Selasa untuk mempercepat aliran bantuan yang sangat dibutuhkan Chili.



XS
SM
MD
LG