Tautan-tautan Akses

Clinton di Uruguay, Memulai Lawatan Enam Hari ke Amerika Latin


<!-- IMAGE -->

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton berada di Uruguay, memulai lawatannya ke enam negara Amerika Latin, dimana ia juga akan menunjukkan dukungan bagi para korban gempa bumi di Chili dan menekan Brazil untuk mendukung sanksi baru terhadap Iran.

Clinton hari Senin menghadiri pelantikan Presiden terpilih Uruguay Jose Mujica, mantan pemimpin gerilyawan Tupamaro yang berusia 74 tahun. Kehadirannya itu mengukuhkan usaha pemerintah Obama merangkul pemerintahan-pemerintahan sayap kiri di Amerika Latin.

Senin malam, Clinton bertemu dengan Presiden Argentina, Cristina Fernandez. Ia mengatakan Amerika "siap" memberi bantuan menyelesaikan sengketa Kepulauan Falkland dan Malvinas antara Argentina dan Inggris yang tahun 1982 pernah berperang memperebutkan klaim kedaulatan kepulauan tersebut.

Selanjutnya, Selasa pagi, Clinton dijadwalkan terbang ke Chili, yang dihantam gempa hebat Sabtu lalu yang menewaskan ratusan orang. Di Santiago, Clinton akan bertemu Presiden Michele Bachelet dan Presiden Terpilih Sebastian Pinera.

Rabu mendatang, di Brazil. Clinton akan melobi Presiden Luiz Inacio Lula da Silva agar mendukung sanksi baru terhadap Iran.


XS
SM
MD
LG